Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 08 Desember 2022

 Wisata Rafting di Sungai Bogowonto Purworejo Kian Diminati

Dikunjungi Paguyuban Bendahara Puskesmas Kabupaten Demak

PURWOREJO, KABARJATENG.C.O.ID - Wisata minat khusus rafting di Sungai Bogowonto, makin banyak digemari oleh wisatawan, salah satunya datang dari paguyuban Bendahara Puskesmas Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Sebanyak 64 orang melaksanakan liburan di Purworejo, pada Rabu 7 Desember 2022. Mereka melaksanakan liburan akhir tahun yang dikemas dengan nama Capacity Buliding Bendahara Puskesmas Kabupaten Demak, dan memilih Sungai Bogowonto sebagai tempat wisata rafting. 

Selama kurang lebih 1,5 jam mereka mengarungi derasnya arus Sungai Bogowonto dengan didampingi para guide berpengalaman. Dengan menggunakan 10 perahu karet, mereka menempuh rute sejauh 9 Km dengan start Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang dan finish di Tempuran Mas Desa/Kecamatan Loano. Sepanjang perjalanan mereka menikmati derasnya arus Sungai Bogowonto dan keindahan panorama alam sungai serta pemandangan alam dari setiap rute yang dilalui. 

"Sebenarnya temen-temen sudah dua tahun lalu kepingin rafting bersama seluruh bendahara puskesmas di Kabupaten Demak. Namun karena kondisi covid maka belum jadi, makanya kemarin bersama beberapa temen inisiatif pingin mengadakan rafting keluar, kemarin sempat kita mencari lokasi dan akhirnya disepakati Purworejo," ungkap Koordinator Bendahara Puskesmas Kabupaten Demak, Hanafi, saat ditemui di sela liburannya di Purworejo. 

Dikatakan, hampir sebagian besar dari pegawai yang berlibur, belum tau belum dan pernah mengikuti kegiatan rafting. Mereka sengaja memilih Sungai Bogowonto karena penasaran dan ingin mengetahui bagus apa tidak lokasi sungai dan menikmati arum jeram di Sungai Bogowonto. 

"Ada sebanyak 64 orang yang ikut dari 26 puskesmas yang ada di Kabupaten Demak. Setiap puskesmas biasanya mengadakan sendiri-sendiri liburanya, tapi untuk terprogram atau kegiatan dari beberapa puskesmas itu biasanya memang ada di setiap akhir tahun. Biasanya ke tempat wisata seperti Bali, Jakarta dan lainnya. Namun kali ini kita memilih rafting sebagai kegiatan liburan. Kalau biasanya kita sekaligus mengisi evaluasi akhir tahun, namun kali ini kita pinginnya hanya liburan atau refreshing dan ini di luar urusan kantor," jelasnya. 

Hanafi berpendapat, rafting merupakan wisata adrenalin yang memiliki tantangan cukup bagus, dari beberapa tempat yang pernah dikunjungi, Sungai Bogowonto dianggap cukup bagus untuk kegiatan rafting. "Durasinya cukup lumayan, arusnya juga cukup deras dan ini benar-benar fresh, di sini beda tidak ada jeda. Harapannya bagi temen-temen yang belum pernah kenal dan belum pernah ke sini bisa kenal dan ke sini, sehingga tata kelolanya bisa lebih baik lagi," katanya. 

Ketua Bogowonto Indonesia Advenrure (BIA) Wahyudi, mengatakan, wisata rafting Purworejo telah digagas sejak delapan tahun lalu. Berbagai fasilitas ditawarkan dalam kegiatan rafting itu, mulai dengan transportasi lokal, snack dan makan siang, asuransi dan dokumentasi. 

"Bogowonto rafting di Purworejo sudah mulai menggandeng beberapa biro/agen perjalanan dan juga bekerjasama dengan hotel, untuk paket rafting dan menikmati wisata sekitar," katanya. Untuk rafting lanjutnya, selama ini banyak yang sudah merasakan sensasi arum jeram Sungai Bogowonto, pesona alam seputaran Sungai Bogowonto. Mereka tertarik dan antusias karena sungai Bogowonto tergolong masih sangat alami, belum banyak tercemar limbah baik kanan kiri. 

"Harapan ke depan bisa menjadi destinasi wisata minat khusus yang ada di Kabupaten Purworejo seiring berjalannya waktu tentunya Purworejo semakin berkembang dengan adanya bandara, terus BOB dan ini Bogowonto menjadi salah satu alternatif wisata minat khusus untuk wisata yang ada di Purworejo," harapnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com