Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Senin, 10 Oktober 2022

SMPN 17 Purworejo Gelar Pameran Hasil Karya Pengolahan Limbah

Untuk Menanamkan Karakter Cinta Lingkungan

KREATIF : Peragaan busana oleh siswi-siswi SMPN 17 Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - SMP Negeri 17 Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Pameran hasil karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, di gedung aula pertemuan sekolah setempat,  Senin 10 Oktober 2022. Pameran dengan mengusung tema Gaya Hidup Berkelanjutan itu fokus dengan topik membuat hasil karya kreasi dari pengolahan limbah yang ada di lingkungan sekitar. 

Berbagai hasil karya yang dibuat oleh para siswa kelas 7 itu dipamerkan dan diperagakan dalam bentuk kreasi busana indah dari limbah, aneka suvenir, aneka benda hias dan aneka benda pakai. 

Khusus untuk kreasi busana indah, siswa memperagakan dalam bentuk fashion show. Mereka berlenggak-lenggok bagai peragawati yang berjalan di atas catwalk dengan hasil kreasi busana yang indah dari bahan limbah plastik. Peragaan itu ditonton seluruh siswa dan guru serta karyawan di SMP Negeri 17 Purworejo. 

Hasil karya projek itu merupakan hasil pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan membuat kreasi dari lingkungan sekitar oleh peserta didik yang dibimbing para guru. Melalui program Penguatan Profil Pelajar Pancasila, peserta didik dilatih memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila, di antaranya Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinnekaan, Bergotong Royong, Mandiri dan Kreatif. 

Pameran hasil karya itu dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Kepala SMP Negeri 17 Purworejo, Budi Hartono SPd MM. Ketua panitia kegiatan yang juga sebagai guru Prakarya di SMP Negeri 17 Purworejo, Teky renggani, mengatakan, kegiatan itu adalah selebrasi yang merupakan puncak dari hasil kegiatan projek yang sudah dilaksanakan hampir tiga mingguan. 

"Projek yang wajib dalam kurikulum merdeka ini, kami membuat Projek Penguatan Profil Pancasila, dengan tema memilih gaya hidup berkelanjutan, dengan topik pengolahan limbah yang ada di lingkungan sekitar," kata Teky saat ditemui di sela kegiatan. 

Projek yang dilaksanakan selama tiga minggu itu, lanjutnya, untuk menanamkan karakter bagi peserta didik yaitu agar mempunyai karakter dapat mencintai lingkungan sekitarnya. "Dimana disekitar kita itu ada limbah-limbah yang berserakan, limbah yang tidak dikelola sehingga ketika ada projek ini kita memberikan kepada anak pemahaman yang juga pengarahan supaya anak itu bisa peduli terhadap lingkungan, bahwa limbah-limbah itu ada pemilahan, lalu pengelolaannya, kemudian ada limbah yang bisa dijadikan suatu karya," jelasnya. 

Dari pemilahan itu, maka dibuatlah karya-karya dari pengolahan limbah yang ada di lingkungan sekitar yang dibuat menjadi empat kelompok, yaitu kelompok kreasi busana indah dari limbah, kelompok aneka suvenir, kelompok aneka benda hias dan kelompok aneka benda pakai. 

"Beberapa hari lalu itu memang anak- anak betul-betul mencari limbah-limbah yang sesuai dengan rancangannya, sekaligus anak-anak disuruh merancang, membuat perencanaan karya tersebut. Nah hasilnya, hasil karya anak-anak itu kita pamerkan dengan tujuan bisa memotivasi teman-teman yang lain atau kakak kelas yang lain, yang menyaksikan hasil karya hari ini. Jadi hari ini adalah puncaknya projek tersebut dengan menampilkan pagelaran busana indah kemudian dilanjutkan dengan pameran-pameran yang ada di sini," ujarnya. 

Disebutkan, hasil karya itu dibuat khusus oleh para siswa kelas 7 yang telah mengikuti Kurikulum Merdeka. Ada 7 kelas dikelas 7 yang ada di SMP Negeri 17 Purworejo. Sementara itu kelas 8 dan kelas 9 hadir untuk mengapresiasi dan menonton serta melihat hasil karya yang dibuat oleh para siswa kelas 7. 

"Sementara ini masih sebatas dipamerkan untuk pengenalan, nanti untuk selanjutnya insyaallah anak-anak akan diajak untuk membuat sesuatu karya yang maksimal yang mempunyai nilai jual. Sehingga nanti kita akan mengarahkan anak-anak agar bisa menghitung bagaimana si karyanya bisa dijual itu seperti apa, mulai dari kelayakannya, sampai nilai jualnya. Harapannya ini bisa menanamkan sikap karakter anak, bagaimana iman dan takwanya kepada Tuhan itu melalui cinta lingkungan dan menambah kreativitasnya lebih tergugah lagi, karena setiap anak itu insyaallah rata rata punya potensi, dengan diadakannya kegiatan seperti ini diharapkan potensi setiap anak itu tumbuh sehingga menjadikan kreatif dan mandiri kemudian bisa bekerjasama dengan teman lainnya," harapnya. 

Sementara itu, Zahra Prariwi, siswi kelas 7D dan Lestari Rahayu, siswi kelas 7E, mengaku senang dan bahagia bisa mengikuti kegiatan pameran hasil karya itu. Dengan kegiatan itu, dirinya bisa menunjukkan hasil karya yang telah dibuatnya. "Busana fashion show ini dibuat sendiri secara berkelompok mewakiki kelas, busana dibikin dari limbah plastik. Intinya senang dan bahagia. Harapannya ini bisa membangun karakter anak agar bisa menjadi pribadi yang baik," katanya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com