Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Rabu, 19 Oktober 2022

Meriahnya Pawai Profil Pelajar Pancasila Mengawali Lustrum SMPN 1 Purworejo

Tuwuh Sutrisno : Komitmen Menguatkan Karakter Siswa  

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pawai Profil Pelajar Pancasila mengawali rangkaian Lustrum XVI dan Reuni Akbar Kedua SMP Negeri 1 Purworejo, Jawa Tengah, pada Selasa (18/10/2022) siang. Pawai dilaksanakan dengan menyusuri jalan-jalan Kota Purworejo dengan star halaman SMP Negeri 1 Purworejo hingga memutari alun-alun besar Kota Purworejo dan kembali finish di SMPN 1. 

Event yang baru kali pertama digelar tersebut menyedot perhatian masyarakat di sepanjang ruas jalan yang menjadi rute pawai, khususnya seputaran Alun-alun Purworejo. Pawai berlangsung semarak dengan performance Marching Band Gita Bahana Spensa yang pada 22 Oktober 2022 mendatang mengikuti Kejuaraan Marching Band Piala Raja sekaligus konser di Yogyakarta. 

Di belakangnya, seluruh siswa perwakilan kelas tampil kreatif dengan aneka branding Profil Pelajar Pancasila. Selain berpakaian adat dari Sabang hingga Merauke, mereka juga mengenakan pakaian pemuka enam agama serta kostum inovatif berbahan limbah. Sejumlah peserta pawai juga tampak mengusung gunungan hasil bumi sebagai simbol kemakmuran bangsa Indonesia. 

Kepala SMPN 1 Purworejo Tuwuh Sutrisno MMPd, menyebut pawai yang digelar menjadi salah satu perwujudan komitmen sekolah menguatkan karakter siswa dengan 6 elemen Profil Pelajar Pancasila. Keenam elemen itu yakni berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, mandiri, bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif. 

“Keenam elemen itu kita angkat dalam sebuah pawai yang mencerminkan satu kesatuan, saling mendukung, dan berkesinambungan satu sama lain. Untuk elemen. berkebhinnekaan global misalnya para siswa menampilkan pakaian adat dan pemuka agama. Lalu pada elemen kreatif, seluruh siswa menampilkan hasil kreativitasnya dalam berbagai karya,” sebutnya. 

Selain ratusan siswa dari kelas 7 hingga 9, pawai juga diikuti para guru, komite sekolah, orang tua, dan alumni. Keterlibatan mereka sekaligus menjadi bentuk dukungan implementasi Profil Pelajar Pancasila. Pihaknya bersyukur para alumni turut aktif dalam menyiapkan rangkaian acara dengan dukungan penuh komite. Harapannya, adanya dukungan tersebut dapat menjadi Spensa lebih berprestasi sehingga dapat mewujudkan visi menjadi sekolah terfavorit. 

 “Kebetulan pawai juga berbarengan dengan ulang tahun sekolah yakni Lustrum ke-16 dan Reuni Akbar Kedua. Seluruh rangkaian ulang tahun ini bertema guyub, gayeng, grengseng yang bertujuan untuk menyatukan alumni, meriah, dan gembira,” terang Tuwuh didampingi Ketua Komite Sekolah, Agus Budi Supriyanto. 

Ketua Panitia 1 Lustrum dan Reuni Akbar Spensa, Sunardi SPd, menjelaskan selain pawai, berbagai acara juga telah disiapkan untuk memeriahkan Lustrum dan Reuni Akbar hingga 22 Oktober 2022. Beberapa di antaranya yakni tasyakuran dan doa bersama, resepsi lustrum, pagelaran wayang kulit dengan dalang alumni Pedji yakni Ki Gunawan HW serta bintang tamu Mimin dan Apri, Pentas Seni Mantan Guru Spensa, festival tingkat PAUD, bakti sosial, bazar, angkringan gratis dan pameran mobil/motor tua. 

Acara akan dipuncaki dengan reuni akbar yang rencananya dihadiri seluruh angkatan mulai tahun 1953 dengan jumlah peserta sekitar 900 orang yang sudah terdaftar. “Melalui berbagai kegiatan ini, kami seluruh elemen di sekolah ini memiliki komitmen untuk menyukseskan kurikulum Merdeka Belajar sehingga menjadikan siswa yang berkarakter dan mencerminkan Profil Pelajar Pancasila,” kata Sunardi bersama Ketua 2, Basuki Tjokro. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com