Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Jumat, 21 Oktober 2022

Implementasikan Nilai-nilai GEDSI : Kepala LPKA Klas I Kutoarjo Ikuti Pelatihan di Tangerang

Hari Winarca saat pelatihan
TANGERANG, KABARINDONESIA.CO.ID -  Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) menyelenggarakan kegiatan pelatihan GEDSI (Gender, Equality, Disability and Social Inclusion) yang bertujuan meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan praktis dalam implementasi program pada lembaga mitra PKBI sebagai bagian dari pendekatan inklusif. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Selasa (18/10/2022) sampai dengan Jumat (21/10/2022) di Hotel Horison Tangerang, Banten. Acara tersebut merupakan bagian dari Kegiatan Inklusi yang merupakan Kemitraan Australia - Indonesia menuju Masyarakat Inklusif. 

Turut hadir Pujo Harianto Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak. Kegiatan ini diikuti dari 43 perwakilan dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) dan direktur eksekutif daerah PKBI Kegiatan ini juga mengundang para ahli dan praktisi dari berbagai organisasi antara lain: Bappenas dan instansi pemerintah terkait di daerah, Mitra INKLUSI, Sekretariat INKLUSI, sektor swasta, dan masyarakat sipil sebagai narasumber. 

Kepala LPKA Klas I Kutoarjo, Hari Winarca menuturkan bahwa istansi yang dipimpinnya telah menyediakan sarana penunjang dan telah mengakomodir GEDSI. Sarana tersebut di antaranya ruang laktasi bagi pengunjung atau pegawai wanita yang sedang menyusui, kursi roda bagi disabilitas, kruk (penyanggah), toilet ramah disabilitas dan lansia, ruang penggeledahan khusus wanita, 3 pejabat struktural eselon IV dan V yang merupakan pegawai wanita, layanan swab gratis bagi yang belum vaksin boster, layanan pendidikan gratis semua Anak Binaan tidak membedakan jenis kelamin dan lain sebagainya. 

Sebelumnya pada 13 Oktober 2022 dan 14 Oktober 2022  sebanyak 20 pegawai LPKA Klas I Kutoarjo telah mengikuti kegiatan pelatihan GEDSI di gedung PKPRI Kabupaten Purworejo dengan narasumber dosen UIN Walisongo, Semarang. 

"Perempuan, anak dan penyandang disabilitas merupakan bagian dari kelompok rentan yang berhak mendapatkan perlakuan dan perlindungan khusus. Prinsip GEDSI dan nilai-nilai pada program inklusi akan lebih mudah terimplementasikan jika pendamping baik pelaksana, pejabat dan kepala di suatu instansi telah mendapatkan pemahaman dan pengetahuan yang sama tentang prinsip dan nilai-nilai GEDSI tersebut," jelas Hari Winarca.  (*/rks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com