Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Kamis, 06 Oktober 2022

Gelar Soswatif, Bawaslu Purworejo Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu 2024 yang Demokratis

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bawaslu Kabupaten Purworejo mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mewujudkan pemilu demokratis dalam pemilu serentak tahun 2024. Hal tersebut digelar dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, Kamis (6/10/2020) di Ballroom Hotel Plaza Purworejo. 

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (2017 - 2022) Dr Sri Wahyu Ananingsih SH MHum dan anggota Bawaslu Purworejo Anik Ratnawati SPd. Bawaslu dalam kegiatan tersebut mengundang Camat se-Kabupaten Purworejo, tokoh agama, organisasi masyarakat, dan stakeholders terkait. 

Anik Ratnawati menyampaikan bahwa semua masyarakat pengguna hak pilih diharapkan untuk turut berpartisipasi mengawasi semua tahapan pemilu ,mulai dari pemutakhiran data pemilih hingga tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang rentan terhadap pelanggaran. 

Lebih lanjut Anik mengatakan, jika bukan sebagai peserta pemilu, Bawaslu berharap masyarakat bisa menjadi pengawas partisipatif, dengan menjadi penyelenggara pemilu atau menjadi pemilih yang cerdas dan bijak demi mendapatkan pemimpin yang berintegritas dan demokrasi yang bermartabat. 

Masyarakat juga bisa melaporkan kepada pengawas jika terjadi dugaan pelanggaran di setiap tahapan pemilu, baik itu pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu, pemilih maupun penyelenggara pemilu. 

Menurut Ananingsih, ada risiko yang terjadi ketika masyarakat tidak terlibat dalam pemilu, yakni melemahnya kepercayaan masyarakat terhadap demokrasi dan melemahnya kapasitas pemimpin yang dihasilkan. Sementara itu Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq mengatakan kegiatan soswatif tersebut bagian dari pelaksanaan tugas konstitusional Bawaslu. "Kegiatan soswatif digelar untuk mengembangan pengawasan partisipatif dan mendorong peningkatan peran masyarakat dalam pemilu serentak 2024," jelasnya. (humas bawaslu) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com