Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Sabtu, 08 Oktober 2022

Pelatihan Linmas Pemdes Tepuskulon : Sigap dalam Penanggulangan Bencana

Pelatihan Linmas Pemdes Tepuskulon
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pemdes Tepuskulon Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, menggelar pelatihan tenaga keamanan desa, Jumat 7 Oktober 2022.  Kegiatan dihadiri Danramil Kutoarjo Kapten CHb Stefanus Sunarno, Kapolsek Kutoarjo AKP Kuat dan juga pihak-pihak terkait lainnya. Kegiatan digelar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Pemerintah Desa Tepuskulon. 

Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Tepuskulon, Kepala Desa Tepuskulon  H Suroto dan jajarannya, juga menghadiri kegiatan itu, termasuk Babinsa, Bhabinkamtibmas dan petugas pendamping desa. 

"Tujuan kegiatan pelatihan tenaga keamanan ini, mengoptimalkan keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif kepada masyarakat," sebut Kades Tepuskulon. 

Salah satu tugas pokok dan fungsi Linmas, pada saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat dalam menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Desa. 

Sementara Kapolsek Kutoarjo AKP Kuat mengatakan, indikator suksesnya pelatihan Linmas, meningkatnya kualitas SDM, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum serta meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat. 

Kapolsek juga menyampaikan, pembinaan dan pembekalan bagi anggota Satlinmas juga mempunyai tujuan dan persiapan menghadapi musim penghujan tahun 2022. 

Sedangkan Danramil 05 Kutoarjo Kapten CHb Stefanus Sunarno menambahkan, peserta pelatihan agar dalam melaksanakan tugas selalu ingat dan memperhatikan poin-poin yang diajarkan dalam pelatihan.  

Bhabinkamtibmas Polsek Kutoarjo,Aipda Abdul khoir dan Babinsa Koramil Kutoarjo Serda Dirlly berharap sinergitas antarlembaga serta instansi keamanan harus selalu dijaga, ada komunikasi dan koordinasi dalam menjalankan tugas pengamanan masyarakat, sehingga penanganan masalah dapat terselesaikan dengan baik. 

"Harapannya ke depannya tidak ada kejadian gangguan keamanan yang menonjol di Desa Tepuskulon khususnya dan wilayah Kecamatan Kutoarjo pada umumnya. Kendati demikian, anggota Linmas diminta harus tetap waspada terhadap situasi keamanan menjelang musim hujan tahun 2022," harapan Kades Tepuskupon H Suroto. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com