Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Kamis, 20 Oktober 2022

Ahli Waris Baharudin Lopa bersama Tim Hukum Temui Menteri ATR/BPN

Soal Tanah Almarhum Baharuddin Lopa di Pontianak yang Dikuasai Pihak Lain

Masyita Baharuddin Lopa dan timnya saat menemui Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto
JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID - Masyitha Baharuddin Lopa merupakan ahli waris almarhum Prof Baharuddin Lopa yang pada Senin 19 Oktober 2022, bersama timnya dari Kalimantan Barat yaitu Yayat Darmawi SE SH MH, Ali Supratono dan Agus,  diterima secara resmi oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di kantor Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia, Jakarta. 

Pertemuan tersebut berdiskusi tentang tindak lanjut tanah almarhum Baharuddin Lopa di Jalan Perdana yang disudah dikuasai pihak lain. Menteri ATR/BPN sangat responsif dan fokus tentang pemberantasan mafia tanah baik korbannya yang bersifat komunal maupun yang bersifat personal. 

Dan menjadi komitmen Hadi Tjahjanto yang merupakan mantan Panglima TNI, untuk memberantas mafia tanah di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Masyitha Baharuddin Lopa menyampaikan riwayat tanah orang tuanya di Pontianak tepatnya di Jalan Perdana.  

"Itu adalah milik orang tua saat pernah bertugas menjadi Kajati Kalbar tahun 1972 sampai 1975," kata dia. 

Diakui, pihak keluarga almarhum Baharuddin Lopa mengetahui tentang tanah tersebut setelah ada orang dari Kejati Kalbar, kepercayaan almarhum Baharuddin Lopa bernama almarhum M Yamin, di tahun 2010 menyampaikan bahwa ada tanah di Jalan Perdana. 

Masyitha selaku ahli waris almarhum Baharuddin Lopa yang mendapat informasi dari sang ibu, di tahun 2014 berusaha  menelusuri tentang tanah milik orang tuanya.  Awalnya Masyitha menelusuri tanah tersebut mendatangi Kepala BPN Kota Pontianak saat itu, Askani, kemudian Masyitha juga menemui Sekda Provinsi Kalimantan Barat saat itu, M Zeet. 

Yang diharapkan Masyitha agar mendapatkan solusi, namun malah jalan buntu. Keseriusan Menteri ATR/BPN dalam merespon sangat jelas. Pasalnya, setiap pembicaraan yang disampaikan Masyitha selalu dicatat sang Menteri. Menteri juga memerintahkan anak buahnya untuk memfollow up apa yang telah disampaikan Masyitha.  

Lanjut penyampaian Masyita,  di tahun 2015 dirinya selaku ahli waris menyerahkan kepada kuasa hukumnya yaitu Yayat Darmawi yang merupakan Koordinator Lembaga TINDAK untuk melakukan penelusuran tanah orang tuanya yang sudah dikuasai orang lain. 

Dalam pertemuan itu, Yayat Darmawi menyampaikan permohonannya kepada Menteri ATR/BPN untuk segera memanggil pihak-pihak terkait untuk segera dikonfrontir. "Mengingat juga penguat yuridis hasil dari investigasi Kejari Pontianak terhadap lokasi tanah almarhum Baharuddin Lopa di Jalan Perdana yang sangat jelas menyimpulkan, bahwa banyaknya kejanggalan di dokumen asal dasar dari pembuatan SHM tanah tersebut," terang Yayat Darmawi. (*/kg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com