Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Senin, 05 September 2022

Pomosikan Kreasi UMKM Warga, Kecamatan Bener Gelar Bener Expo 2022

Dua Proyek Besar : Bendung Bener dan Borobudur Pariwisata Super Prioritas 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID -Pemerintah Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Bener Expo 2022, di lapangan Desa Kaliboto, pada Sabtu 3 September 2022. Kegiatan yang diisi dengan gelar seni budaya dan pameran produk lokal dan ekonomi kreatif Kecamatan Bener itu, untuk mempromosikan hasil kreasi atau karya UMKM warga di Kecamatan Bener. 

Bener Expo 2022 dibuka secara resmi Bupati Purworejo, yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto, dengan ditandai pemukulan gong. Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris DinKUKMP Purworejo, Titik Mintarsih, perwakilan BBWSO, perwakilan BBOB Yogyakarta, Kepala Kesbangpol Purworejo, Muspika Bener, Kepala Desa, Kepala Sekolah, pelaku UMKM dan tokoh masyarakat Kecamatan Bener. 

Berbagai pertunjukan seni budaya ditampilkan guna memeriahkan kegiatan itu, di antaranya tari Kuda Kepang SD, Kasuga Music, tari Sodo juara FLS2N, Kuda Lumping Waris Manunggal Roso, Topeng Ireng Putro Manunggal, dan hadroh El Hawa. Even itu juga menjadi ajang penyerahan berbagai perlombaan yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan Bener. 

"Kegiatan ini adalah pionir bagi kecamatan dan seluruh UMKM dari 28 desa di Kecamatan Bener, yaitu untuk mempromosikan hasil kreasi warga seluruh desa dalam rangka mendukung adanya dua proyek strategis nasional yang ada di Kecamatan Bener yaitu adanya Bendungan Bener dan Borobudur Pariwisata Super Prioritas oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) Yogyakarta. Sebuah event yang menampilkan budaya lokal serta pameran produk UMKM hasil kreasi warga se-Kecamatan Bener yang disajikan dalam 28 stan desa, pameran perkembangan Bendungan Bener dan BBWSO, standpelayanan perbankan, klinik UMKM serta pameran dari Dekranasda Kabupaten Purworejo," kata ketua panitia kegiatan Bener Expo 2022 yang juga sebagai Sekcam Bener, Vivin Suryandari STP MM, saat ditemui di sela kegiatan. 

Dijelaskan, maksud dan tujuan expo itu yaitu untuk mengenalkan kepada masyarakat Bener bahwa di Kecamatan Bener terdapat dua proyek strategis nasional yaitu Borobudur Pariwisata Super Prioritas dan Bendungan Bener yang harus didukung dan dimanfaatkan seluas-luasnya demi kemakmuran masyarakat Bener pada khususnya. 

"Pun sebaliknya kami ingin mengenalkan kepada BBOB dan BBWSO serta Kabupaten Purworejo bahwa Kecamatan Bener dengan 28 desanya memiliki berbagai macam kesenian budaya, produk-produk kreativitas serta sumber daya manusia yang unggul, dibuktikan dengan berbagai macam penghargaan baik secara nasional bahkan sampai internasional," ujarnya. 

Tak hanya itu, lanjutnya, expo digelar juga untuk membangkitkan semangat masyarakat Bener untuk berkreasi, berinovasi dalam bidang apapun terlebih untuk mendukung dua proyek nasional yang ada di Kecamatan Bener. 

"Kami ingin meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Bener, kami juga mengharapkan terjadi sinkronisasi kegiatan, baik kegiatan nasional maupun regional sehingga terjalin kerjasama yang lebih intens antara BBOB, BBSWO, Kabupaten Purworejo dan Kecamatan Bener," jelasnya. 

Disebutkan, kegiatan expo yang dilaksanakan satu hari itu diikuti oleh 34 stan yang terdiri dari 28 stan desa se Kecamatan abener, 1 stan hasil pameran Bendungan Bener oleh BBWSO, 2 stan perbankan yaitu dari BRI dan Bank Purworejo, 1 stan dari Dekranasda, 1 stand dari DinKUKMP, 1 stan dari klinik UMKM, dan 20 stan bebas dari masyarakat. 

"Dan dengan kegiatan ini memang kita untuk promosi yaitu promosi kreativitas UMKM dan ekonomi serta untuk membangkitkan gairah semangat warga masyarakat di Kecamatan Bener bahwa kita harus mulai sadar saat ini kita punya Bendungan Bener, punya Badan Otorita Borobudur yang harus kita sokong agar kita tidak hanya jadi penonton. Expo yang baru pertama digelar ini semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan di Kecamatan Bener," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto, mengaku senang dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu. Kegiatan itu dinilai baik sebagai forum untuk mempromosikan hasil produk UMKM ke khalayak umum. 

"Ya tentunya di forum ini bahwa Bener itu dekat dengan operasi BBOB, tentunya kita bersiap- siap karena beberapa event seperti BBOB dan YIA, Bendung Bener dan tol Purworejo, seharusnya menyambut itu. Kita jangan hanya jadi tamu atau tuan rumah dinegeri sendiri. Kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk mengangkat citra UMKM kita supaya lebih maju lagi dan tentu bisa mendapatkan tempat untuk promosi," katanya. (widarto) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com