Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Selasa, 06 September 2022

Kepala LPKA Kutoarjo Sampaikan Aspirasi terkait Anak Binaan

Pembahasan Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak di DPRD Purworejo

Hari Winarca saat mengikuti RDP
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) merupakan Rancangan Peraturan Perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan persetujuan bersama Kepala Daerah disadurkan dalam Undang-undang No 15 Tahun 2019. Senin 5 September 2022, bertempat di Gedung Rapat Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo, Kepala LPKA Klas I Kutoarjo, Hari Winarca menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Perlindungan Perempuan dan Anak. 

Kegiatan yang diprakarsai oleh Pansus 39 ini dilaksanakan dikarenakan masih adanya berbagai persoalan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Purworejo khususnya menyangkut Anak dan Perempuan. Membuka acara, Hendrikus Karel selaku Ketua Pansus 39 menyampaikan bahwa posisi perempuan dan anak merupakan posisi yang rentan pada masa sekarang ini, sehingga banyak dari mereka yang menjadi korban tindak kejahatan. 

Perlu adanya landasan hukum yang kuat untuk pembuatan kebijakan atau regulasi sehingga anak dan perempuan dapat terlindungi sepenuhnya. Pada kesempatan kali ini, Kepala LPKA Kutoarjo Hari Winarca menyampaikan, untuk LPKA Kutoarjo sendiri dari 71 penghuni terdapat tiga anak tahanan dan satu anak binaan yang berasal dari Kabupaten Purworejo. 

Hari berharap  melalui Rapat Dengar Pendapat ini Pansus bisa menjembatani khususnya untuk Anak Binaan yang sudah selesai menjalani masa pembinaan di LPKA agar dapat diterima seutuhnya oleh masyarakat tanpa adanya stigma negatif dan diskriminasi. "Sehingga anak dapat mendapatkan rasa aman terhadap ancaman yang membahayakan diri dan jiwa dalam tumbuh kembangnya serta dapat terpenuhinya hak anak sesuai dengan konvensi Hak Anak dan tujuan dari substansi dari tujuan Raperda ini," kata Hari. Kegiatan yang diikuti oleh Forkopinda lintas sektoral Kabupaten Purworejo ini merupakan salah satu upaya melaksanakan tanggung jawab untuk melindungi perempuan dan anak sesuai dalam konstitusi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (*/ans)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com