Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Jumat, 12 Agustus 2022

Ribuan Pusaka Museum Tosan Aji Purworejo Dijamas

Keris Pusaka Bupati Purworejo Sabuk Inten Pertama Kali Dijamas

Keris pusaka milik Bupati Purworejo Agus Bastian ikut dijamas dalam kegiatan itu
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sebanyak 1.159 pusaka yang ada di Museum Tosan Aji Purworejo, Jawa Tengah, dilakukan penjamasan. Acara  di halaman museum, Jumat Kliwon 12 Agustus 2022. Prosesi jamasan dilakukan dengan diawali kirab pengambilan pusaka milik Bupati Purworejo, di pendopo Kabupaten Purworejo dengan diiringi group kesenian Cing Po Ling Manunggal Jati dari Desa Jatirejo dan membawanya ke halaman Museum Tosan Aji untuk dijamas. 
Kirab itu dipimpin langsung Kepala Dindikbud Kabupaten Purworejo, Wasit Diyono. Tiga keris pusaka yang akan dijamas dan dibawa dalam kirab beserta ubo rampe sesaji antara lain berupa bunga mawar, kelapa dan dupa. Turut hadir dalam acara jamasan itu yaitu ratusan Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Purworejo, yang hadir lengkap dengan pakaian adat jawa. Keris pusaka milik Bupati Purworejo, Agus Bastian yakni Sabuk Inten dengan luk 11 menjadi pusaka pertama yang dijamas, dengan proses penjamasan yaitu direndam dalam air kelapa bercampur pace, kemudian disiram dengan kembang dalam jambangan yang telah diberi minyak cendana, kemudian dibersihkan dan terakhir dimasukkan (manjing) kembali ke dalam wrangka keris sebelum akhirnya diserahkan kepada Bupati kembali. 

Penjamasan selanjutnya yaitu keris Tombak Baro Penatas dan keris Tilam Upih. Setelah menjamasi tiga keris pusaka tersebut, rombongan kirab kembali ke pendopo bersama Bupati. Bupati Purworejo, Agus Bastian, saat ditemui usai penjamasan mengatakan, jamasan pusaka merupakan bentuk kesinambungan dan harus tetap dilestarikan sebagai budaya masyarakat Jawa. 

“Ini sebagai bentuk upaya nguri-nguri budaya dan merawat peninggalan leluhur kita,” kata Bupati. 

Disebutkan, ada 1.159 pusaka yang akan dijamas, adapun pusaka yang paling tua dan telah berusia 600-an tahun yakni Keris Tunjung Drajat. Dipilihnya jamasan di hari Jumat Kliwon di bulan Suro, karena hari Jumat Kliwon merupakan hari baik dalam tanggalan Jawa. 

"Benda-benda pusaka itu juga nantinya akan dipamerkan di Art Center. Namun sementara ini masih di Tosan Aji dulu,” ujarnya. 

Sementara itu, Kabid Kebudayaan pada Dindikbud Kabupaten Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, mengatakan, selain jamasan, di Museum Tosan Aji Purworejo ada kegiatan lain untuk merawat benda-benda pusaka dan benda cagar budaya yang mereka namai dengan kegiatan konservasi. 

"Selain jamasan memang di kita itu ada kegiatan yang namanya konservasi, nah konservasi terhadap pusaka-pusaka ini juga telah dilakukan secara rutin baik berupa pusaka kerisnya maupun benda cagar budaya, di mana jamasan ini dilakukan juga agar pusaka tetap bisa baik dan bersih, hanya saja kegiatan ini diprosesikan menjadi kegiatan rutin tiap tahun dan memang ada yang dijamas secara khusus dalam jamasan ini," katanya. 

Untuk tahun ini, selain jamasan, juga dilakukan pementasan atau pagelaran wayang kulit ringkes Merkukuhan dengan lakon Sekar Jati Waseso oleh dalang Ki Suhut Widi Sasongko dari Banyuurip, Purworejo. 

"Dalam jamasan kali ini, acara kami tutup dengan pementasan wayang pendek, harapannya ke depan tidak hanya wayang namun juga akan dilakukan secara besar lagi dengan ditambah ruwatan massal, dimana pementasan wayang pendek dilakukan oleh dalang yang khusus sebagai dalang ruwat," pungkasnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com