Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Senin, 22 Agustus 2022

Polres Purworejo Berhasil Amankan Pengedar Uang Palsu

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Polres Purworejo menangkap pelaku pengedar uang palsu beserta barang bukti uang palsu pecahan Rp 100.000 sebanyak 2 lembar dan Rp 50.000 sebanyak 4 lembar yang hendak diedarkan di masyarakat. 

Menurut Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Ryan Eka Cahya SIK MSi, Minggu (21/8/2022) penangkapan pelaku berinisial AA (24) warga Kaligesing, Purworejo, pada Kamis (11/8/2022) berawal dari hasil penyelidikan petugas yang mendapatkan informasi dari masyarakat telah diketahui adanya seseorang yang menguasai dan mengedarkan uang atau Rupiah palsu di wilayah Desa Hardimulyo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. 

Setelah diketahui identitas tersangka kemudian dilakukan penyelidikan terhadap keberadaan tersangka yang selanjutnya tersangka dilakukan penangkapan dan pada saat diamankan tersangka kedapatan masih menyimpan atau menguasai atau membawa uang palsu atau Rupiah palsu yang disimpan di sebuah tas warna biru yang diletakkan di dalam jok sepeda motor milik tersangka. 

Pelaku sendiri ditangkap ketika berada di rumahnya di Desa Hardimulyo. Dari hasil interogasi awal tersangka mengakui telah menguasai atau membawa uang palsu dan digunakan untuk membeli barang di wilayah Purworejo. 

"Motif tersangka ingin mendapatkan uang yang lebih banyak dengan cara membeli uang atau Rupiah palsu tersebut melalui group FaceBook “jual beli upal“ selanjutnya tersangka membeli menggunakan uang atau Rupiah asli sebesar Rp 400.000, dan mendapatkan uang atau Rupiah palsu sebesar Rp 800.000. Selanjutnya oleh AA uang atau Rupiah palsu tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan sehari–hari," ujarnya. 

Ryan juga bepesan agar masyarakat perlu waspada dengan peredaran uang palsu, terutama dengan uang kertas pecahan Rp 100 ribu maupun Rp 50 ribu. Harus dipastikan bahwa uang yang diterima benar-benar asli menggunakan alat deteksi keaslian uang kertas atau memahami ciri-ciri yang asli. 

Ia mengingatkan bahwa setiap orang dilarang menyimpan secara fisik dan mengedarkan uang palsu. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 36 ayat (3) Undang-Undang RI nomor 7/2011 tentang Mata Uang, dengan ancaman pidana 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp. 50.000.000.000. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com