Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Selasa, 23 Agustus 2022

Warga Kampung Suronegaran-Purworejo Gelar Perlombaan Agustusan

Menanamkan Semangat Perjungan kepada Masyarakat

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Warga RW 10 Kampung Suronegaran, Kelurahan Purworejo, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar berbagai perlombaan untuk balita, anak-anak dan orang tua. Kegiatan dil apangan serbaguna RT 4 RW 10 pada Minggu 21 Agustus 2022. 

Perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77 RI digelar sebagai wujud syukur atas kemerdekaan dan edukasi terhadap anak-anak untuk menanamkan semangat perjuangan atas jasa para pahlawan kemerdekaan. Kegiatan lomba dimeriahkan dengan penampilan seni tari Gedruk anak-anak RW 10, dan menghadirkan tokoh boneka Winnie The Pooh untuk menghibur anak-anak yang ikut lomba serta pembagian aneka jajanan dan susu sebagai wahana edukasi ke warga bahwa lomba itu untuk bersenang-senang untuk semua. 

Hadir dan turut dalam perlombaan itu, Kapolsek kota Purworejo, AKP Bruyi Rohman Warsito, Lurah Purworejo, Sutarto, undangan tamu, Sri Susilowati dan mantan Ketua RW 10 Kampung Suronegaran. 

Warga RW 10 antusias hadir dan mengikuti kegiatan perlombaan yang dilaksanakan dari pagi hingga sore hari itu. Ketua RW 10, Arbaah Mintaraga, mengatakan, warga RW 10 Kampung Suronegaran menggelar berbagai lomba bagi usia balita, anak-anak dan orang tua itu, karena warga dinilai sudah rindu akan suasana perlombaan dalam rangka HUT ke-77 RI. 

Disebutkan, ada sejumlah perlombaan yang dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan HUT itu, di antaranya lomba menggiring balon, lomba makan krupuk, lomba memukul air, lomba membawa kelereng, lomba memasukkan pensil dalam botol, lomba nyunggi tampah, lomba estafet air beregu, lomba estafet kelereng dan volly net tertutup campuran beregu. 

"Alhamdulillah dari RW 10 yang terdiri dari 5 RT semuanya hadir semua bisa berkumpul di sini," kata Arbaah saat ditemui di sela kegiatan lomba. 

Disampaikan, perlombaan itu dilaksanakan sebagai wujud syukur warga terhadap jasa para pahlawan, sehingga bisa 77 tahun merdeka hingga tahun 2022 ini. "Rasa syukur itu memang harus kita upayakan, kita lestarikan dan kita tanamkan sejak dini kepada anak-anak, maka RW 10 mengadakan kegiatan perlombaan mulai balita, di mana kami harap tertanam semangat perjuangan usia balita, usia dini, sehingga mereka bisa mengaplikasikan sesuai aktivitas masing-masing untuk senantiasa menjaga kemerdekaan Republik Indonesia," jelasnya. 

 Perlombaan itu, lanjutnya, dilaksanakan karena warga melihat dua tahun ini warga telah tidak bisa melaksanakan kegiatan karena efek pandemi Covid-19. Saat ini PPKM di Purworejo telah di level 1 dan pandemi sudah melandai sehingga warga sudah bisa lagi mengadakan perlombaan. 

"Perlombaan yang semua anak bisa ikut, karena dengan lomba yang sederhana ini, yang mudah, tidak perlu mempersiapkan diri, serba yang penting hadir, berpartisipasi dan mereka bisa mengikuti dengan secara sukaria," ujarnya. 

Dengan perlombaan itu, Arbaah melihat ada ikhtiar yang dilakukan untuk menanamkan jiwa semangat kepahlawanan, salah satunya dengan mengajak anak-anak menyanyikan lagu bersama yaitu lagi Hari Merdeka dan Mars Purworejo. 

"Hal itu merupakan bentuk salah satu wujud untuk menanamkan rasa cinta, rasa memperjuangkan kemudian dengan mereka berkumpul, mereka bisa tahu bahwa di RW 10, harapan kami bisa senantiasa tercipta guyup rukun, Suronegaran selalu di hati, dan akhirnya itu merupkan salah satu akar dari kita untuk senantiasa mengisi hari ini dan untuk mengenang serta meneruskan jasa para pahlawan," jelasnya. 

Tak hanya perlombaan itu, tambahnya, sejak tanggal 7 Agustus 2022 lalu, warga RW 10 sudah memulai kegiatan untuk mengisi HUT RI. "Kegiatan sudah dimulai sejak 7 Agustus 2022 lalu, kita sudah ada touring ke objek wisata di pantai, kemudian tanggal 14 Agustus kemarin ibu-ibu PKK RW mengadakan lomba paduan suara dan mengucapkan Pancasila, hari ini kita mengadakan lomba-lomba dan insyaallah tanggal 27 Agustus 2022 malam kita akan ada puncak acara HUT yaitu pentas seni untuk RW 10 dan kami sedang mempersiapkan acaranya. Insyallah ada pementasan ketopraknya," ungkapnya. 

Arbaah berharap senantia dengan kegiatan itu, warga menjadi semakin guyup rukun, tercipta Suronegaran guyup rukun dan tercipta Suronegaran selalu dihati. Lurah Purworejo, Sutarto, mengaku senang dan apresiasi atas pelaksaan perlombaan di RW 10 itu. 

"Sangat meriah, karena dukungan masyarakat, juga karena tidak lepas peran Ketua RW 10, sehingga warga antusias mengikuti lomba-lomba yang diadakan. Tentunya kami merasa terimakasih kepada pak RW, untuk tahun ini karena pandemi sudah melandai bisa mengadakan perlombaan-perlombaan yang diikuti oleh anak- anak, remaja dan orang dewasa," katanya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com