Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Senin, 18 Juli 2022

Sambut HUT RI, Warga Cengkawakrejo Bikin Taman Toga Cantik

Imlais Wiski Bagasworo : Hasil Taman Toga Bisa Bermanfaat untuk Masyarakat

BANYUURIP, KABARJATENG.CO.ID - Warga Desa Cengkawakrejo Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, bergotong royong membuat taman toga cantik di pekarangan milik salah satu warga pada masing-masing RT yang ada di desa tersebut. 

Pembuatan taman dilakukan warga, untuk  ketersediaan sumber tanaman tanaman obat keluarga (toga), sekaligus mempercantik lingkungan dalam menghadapi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022. Berbekal bibit tanaman obat, polybag, pupuk hasil pemberian dari Pemerintah Desa Cengkawak, warga secara antusias membuat taman toga dan mempercantik taman dengan berbagai ornamen yang menarik. 

Pembuatan taman itu juga akan dilombakan untuk mengisi kegiatan peringatan HUT RI ke-77. "Awalnya program taman toga itu untuk menampung aspirasi masyarakat agar dapat berkumpul di masing-masing RT yang utamanya dari hasil taman toga ini kami harapkan bisa bermanfaat bagi warga setempat. Dari hasil taman toga ini kan bisa dijual dan hasilnya untuk berkelanjutan. Nah di tahun 2022 ini karena di Pemdes ada program ketahanan pangan yaitu 10 persen dari Dana Desa kemudian kami melakukan terobosan baru membuat dengan membuat taman toga," ungkap Kepala Desa Cengkawakrejo, Imlais Wiski Bagasworo, Sabtu 16 Juli 2022. 

Disebutkan, taman toga itu dibuat dan ada di 19 RT yang ada di Desa Cengkawakrejo. Dari anggaran 10 persen Dana Desa itu, masing masing RT diberikan bantuan dalam bentuk 9 macam tanaman obat keluarga, pupuk, polibag dan lainnya. 

"Sebetulnya taman toga ini tidak dilombakan pada awalnya, karena hanya untuk kebutuhan di masing-masing RT, namun dengan berjalannya waktu kemudian kita mendekati HUT RI maka kita coba untuk kita lombakan, yaitu di masing-masing RT untuk membuat taman yang seindah mungkin, secantik mungkin yang nantinya bagi RT yang membuat taman paling bagus akan dapat tropy dan hadiah dari Pemdes Cengkawakrejo," jelasnya. 

Penilaian lomba itu, lanjutnya, masih akan dilakukan pada  6 - 7 Agustus 2022 memdatang. Jurinya pun rencana didatangkan dari tenaga ahli, juri ahli dari luar desa Cengkawakrejo. "Jadi ini dibikin setransparan mungkin karena juri tidak dari Pemdes maupun tokoh masyarakat setempat," ujarnya. 

Tanggapan masyarakat dari masing-masing RT sangat antusias, terbukti dengan taman- taman yang dibuat telah dihias dengan sedemikian rupa dengan rapi dengan indah. "Kemudian di situ terjalin hubungan antar masyarakat yang harmonis," katanya. 

Dirinya berharap, dengan tanaman toga ini, bisa dapat berkelanjutan, meskipun Pemdes nantinya akan membuat program baru lagi, dan khusus tanaman toga diharapkan dapat berkelanjutan tidak hanya berhenti saat momen agustusan semata. 

"Jadi saya harapkan tetap berkelanjutan agar kebutuhan toga di lingkungan masing-masing RT terpenuhi tanpa harus membeli dari luar," harapnya. Disampaikan, pembuatan taman toga cantik itu merupakan program pertama yang dilaksanakan di Desa Cengkawakrejo. "Alhamdulillah taman toga ini yang pertama, dan mungkin satu-satunya tanaman toga yang di ada di Desa Cengkawakrejo bahkan ditingkat Kecamatan Banyuurip," pungkasnya. (widarto) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com