Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Sabtu, 16 Juli 2022

Purworejo Creatif Festival, Bupati Agus Bastian : Promosikan Produk UMKM

Bupati Agus Bastian saat diwawancarai
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bupati Purworejo Agus Bastian membuka kegiatan Purworejo Creatif Festival (PCF), di alun- alun sebelah utara atau depan Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat 15 Juli 2022. PCF dilaksanakan diawali dengan pelaksanaan upacara bersama Peringatan Hari Koperasi ke-57 di alun-alun besar Purworejo. 

Bupati didampingi Sekda Purworejo Said Ramadhan bersama Forkompinda berjalan kaki dengan diiringi penari barongan Mahesya Suro dari Sembir Desa Bugel Kecamatan Bagelen, menuju lokasi pembukaan acara PCF. 

Sesampainya d ilokasi PCF dibuka oleh Bupati dengan ditandai pemotongan tumpeng dan pemukulan gejluk lesung yang dilakukan secara bersama-sama dengan Forkompinda dan panitia serta pemberian cenderamata kepada Bupati. 

Usai melakukan pembukaan, Bupati Purworejo bersama Forkompinda melakukan kunjungan di setiap stan pameran UMKM kreatif dan aneka kuliner dari perwakilan UMKM tiap kecamatan di komplek Art Center Purworejo. 

Event PCF yang merupakan kolaborasi dari 4 Dinas di Purworejo itu dilaksanakan dengan tujuan sebagai kepedulian terhadap perkembangan seni kerajinan dan seni pertunjukan khususnya di Kabupaten Purworejo. Juga untuk meningkatkan apresiasi seni kerajinan dan seni pertunjukan bagi masyarakat Purworejo dan sekitarnya. 

"Ben seneng kabeh, artinya tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan produk UMKM, memberikan hiburan kepada masyarakat dan seniman biar berkesenian setelah selama dua tahun hampir berhenti dan mulai berkesenian di alun alun ini," kata Bupati saat ditemui di lokasi PCF. 

Dikatakan, pameran Purworejo Creatif Festival merupakan pameran produk UMKM yang akan terus dikembangkan, selain pameran dalam PCF itu ada gelar seni budaya, kuliner khas Purworejo. "Hasil kerajinan ini tidak semua dipasang di sini, karena memang telah dikurasi oleh kurator Heru Mataya. Artinya produk kita ini sudah diuji kelayakannya dan tentunya sudah dapat diekspor," ujarnya. 

Disebutkan, PCF itu diikuti oleh subsektor kriya yang terdiri dari 20 krafter hasil kurasi dan 5 krafter ternama Jawa Tengah dari luar purworejo. Untuk subsektor kuliner terdiri dari 7 stand kopi lokal Purworejo, 23 stand makanan basah dan 16 stand makanan kering dari 16 kecamatan. Seni pertunjukan diisi oleh seniman seniman Fine Art Purworejo, komunitas musik dan sanggar sanggar tari Purworejo. 

"Imbauan saya terhadap UMKM ya berkarya terus, membuat sesuatu karya yang baru, kreatif dan inovaif, dan di era digital ini masih bisa mengikuti perkembangan," pesannya. 

Diungkapkan, menjelang malam tahun baru 2023 mendatang Pemerintah Kabupaten Purworejo akan menggelar event serupa dan bahkan akan digelar secara lebih besar lagi yang akan dilaksanakan secara penuh di alun-alun Purworejo. "Event besar dengan menghadirkan group-group musik nasional dan mudah- mudahan semua bisa dilaksanakan sebagai wujud peran pemerintah dalam memberikan hiburan kepada masyarakat luas," harapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas KUKMP Purworejo, Gathot Suprapto, menjelaskan bahwa tema peringatan Hari Koperasi tahun ini adalah Percepatan Peran dan Partisipasi Kelompok Perempuan (Koperasi perempuan) dalam Issue Pangan dan Energi baru dan Terbarukan sebagai Issue Strategis. Menurutnya, berbagai kegiatan dilakukan untuk memeriahkan Hari Koperasi ke -75 di antaranya pemberian penghargaan kepada 20 Koperasi Sehat, diadakannya event Purworejo Creatif Festival, yang konsepnya menggabungkan antara subsektor kriya dan subsektor seni pertunjukan. Ada pula subsektor kuliner baik makanan kering, basah maupun kopi sebagai salah satu icon Purworejo. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com