Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Senin, 25 Juli 2022

Kwarcab Purworejo Gelar Lomba Regu Penggalang

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pramuka Kwarcab Purworejo menggelar lomba tingkat III regu Pramuka Penggalang yang diikuti gugus depan (gudep) perwakilan Kwaran. Dalam pembukaan lomba Ketua Kwarcab Drs Pram Prasetya Achmad MM mengatakan, kegiatan lomba tingkat III ini anak-anak diajak untuk memahami makna tujuan pendidikan Pramuka. 

Ada lomba penguasaan IT seperti vlog dengan membuat video pendek bertujuan mengetahui korelasi Pramuka dengan dirinya sehingga anak-anak bisa memahami bahwa Pramuka pada dasarnya akan membentuk kepribadian andal dengan mengimplementasikan nilai-nilai yang ada di dalam Dasa Dharma.

Jika dimakrokan kata Pram, menjadikan mereka memiliki kemampuan intelektual yang baik, karakter, kedisplinan dan berbudaya, sehingga ketika mereka kembali ke gudep akan menjadi dewan ambalan yang andal. 

“Harapannya Purworejo dapat mengulang kesuksesan seperti 5 tahun yang lalu regu putri Purworejo juara 1 lomba tingkat V dan Kwarda memiliki harapan supaya Kabupaten Purworejo kembali meraih juara I. Dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap prokes,” tuturnya. 

Sementara itu Waka Binamuda Soekoso DM SPd menjelaskan, tugas binamuda yakni membina sejak dari Siaga, Penggalang, Penegak sampai dengan Pandega. Kegiatan lomba tingkat 3 merupakan lomba keterampilan, kecerdasan Pramuka Penggalang. Juara I akan mengikuti lomba tingkat kwarda dan juara I kwarda akan maju lomba tingkat nasional atau kwarnas. 

Kegiatan penggalang ini rata-rata diikuti dari tingkat SLTP. Materinya bersifat pembinaan karakter melaksanakan Pancasila sampai dengan Dasa Dharma, Tri Satya Pramuka. Dimasukkan dalam materi secara ideologis. Sedangkan keterampilan dikumpulkan dalam suatu pertendaan untuk melihat kerjasamanya dari pengemasan barang, memanjat, halang rintang dan lainnya. 

Tujuan akhir kegiatan, tidak semata-mata mencari menang kalah, tapi mereka mengikuti proses dari awal sampai akhir, sehingga dengan demikian nanti diharapkan siapa yang menjadi terbaik itu akan memiliki satu jiwa, semangat sebagai generasi muda Indonesia yang benar-benar berkarakter. 

“Karena istilah saya berkarakter itu kalau sudah bisa memenuhi Dasa Dharma Pramuka, menjadi manusia Pancasila yang sejati, bisa gotong royong, bisa mandiri dan lainnya. Maka mereka yang kita anggap sebagai manusia berkarakter, yang harapannya akan mengganti kepemimpinan kita di masa mendatang,” harap Soekoso. 

Ketua panitia Prasetyowati SPd MPd melaporkan, kegiatan lomba dilaksanakan selama 3 hari 22 -24 Juli 2022. Jumlah peserta 12 regu terdiri putra dan regu putri. Lomba ini untuk menentukan yang terbaik mewakili Kwarcab di tingkat Kwarda Jawa Tengah yang harapannya, juga meraih prestasi tertinggi dan bisa mengikuti Lomba Tingkat 5 di Kwartir Nasional di Jakarta. 

Sedangkan hasil lomba sebagai Juara I regu putra dan regu putri diraih SMPN 2 Purworejo, juara II regu putra dan regu putri SMPN 4, dan juara III putra SMPN 11, juara putri SMPN 3. Untuk juara harapan I regu putra dan regu putri diraih SMPN 33, harapan II putra dan regu putri MTS 3, serta harapan III putra SMPN 20, regu putri SMPN 21 Purworejo. (aspi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com