Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Senin, 25 Juli 2022

Kadiv Pemasyarakatan Jateng Wacanakan LPKA Klas I Kutoarjo Pindah Lokasi

Peringati Hari Anak Nasional 2022, 53 Anak Binaan Terima Remisi

Peresmian lapangan Wisma Andik Pas LPKA Klas 1 Kutoarjo oleh Wabup Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID -  Hampir semua lapas yang ada, termasuk di Jawa Tengah mengalami over capacity. Paling padat yakni di lapas Semarang, seharusnya kapasitas sekitar 600-an diisi sekira 1.200-an. Beberapa lapas sudah berpindah ke lahan yang lebih luas, seperti di Semarang yang telah memindahkan lapas khusus wanita ke Gunung Pati. 

Demikian juga dengan lapas di Sukoharjo yang telah digeser lokasinya oleh Bupati setempat. Di Purworejo pun, sebisa mungkin lokasi lapas baik rutan maupun LPKA ditukar guling karena lokasinya yang sempit terutama untuk ruang bermain anak dan berada di dalam kota. Keinginan tersebut disampaikan Kepala Divisi (kadiv) Pemasyarakatan Jawa Tengah, Supriyanto saat menghadiri acara Peringatan Hari Anak Nasional di LPKA Klas 1 Kutoarjo, Senin (25/7/2022). 

Pemberian Remisi Anak Nasional (RAN)
Acara dihadiri Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Direktur Eksekutif Daerah PKBI Jawa Tengah Elisabeth Widyastuti, Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo, Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, LSM Peduli Anak seperti P2TP2A Kabupaten Purworejo, PKBI Cabang Purworejo dan Sahabat Kapas, akademisi dari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Forkopincam Kutoarjo serta perwakilan media. Turut hadir salah satu tokoh muda di Kabupaten Purworejo Yanuar Arifin, dan juga Danki Brimob Kutoarjo AKP Bambang.

Dalam kesempatan tersebut sebanyak 53 Anak Binaan LPKA Klas 1 Kutoarjo mendapatkan remisi, dua di antaranya langsung dinyatakan bebas (Remisi Anak Nasional-2). Selain itu ada delapan Anak Binaan yang mendapatkan program asimilasi di rumah. Mereka berasal dari Brebes (2), Purwodadi, Demak, Pemalang, Temanggung dan Kudus (2). 

“Saya titip kepada wakil bupati, mudah-mudahan LPKA Klas I Kutoarjo bisa digeser karena tempatnya di kota dan kecil, jadi kalau bisa tukar guling,” pinta Supriyanto kepada Wabup. 

Kadiv Pemasyarakatan menyerahkan RAN

Meski demikian, pihaknya mengapresiasi Pemkab yang telah memfasilitasi vaksinasi kepada seluruh Anak Binaan LPKA Kutoarjo sehingga semua sehat dan tidak terinfeksi Covid. Terkait hal itu, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti langsung merespon dan menyampaikan nantinya mengajak berbagai pihak untuk membahasnya guna menyediakan lahan yang layak. Dalam kesempatan itu Wabup juga memberi ucapan selamat kepada anak-anak yang mendapat revisi dalam rangka HAN tahun 2022.

“Semoga anak-anak tetap ceria dan menjaga perilaku positif agar bisa kembali ke tengah masyarakat,” ucap Wabup. 

Menurutnya, anak-anak yang berhadapan dengan hukum bukan berarti haknya di bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan terabaikan. “Masyarakat diharapkan dapat menerima dan tidak menyebut sebagai anak yang jahat karena mereka nantinya tetap dapat berkontribusi,” tegasnya. 

Saat tiba di LPKA Klas 1 Kutoarjo pun, Wabup disambut dengan iringan hadroh dari 10 Anak Binaan yang berlatih secara rutin. Juga disambut dengan yel-yel semangat dari Anak Binaan yang mengenakan seragam sekolah, Pramuka dan kaos olahraga. Selain itu juga pertunjukan seni jaran kepang dan karawitan yang semuanya dilakukan oleh anak-anak yang sehari-hari berada di lingkungan LPKA Kutoarjo. 

Mereka semua kompak saat perform dan mendapat apresiasi tepuk tangan dari Wabup dan rombongan tamu undangan. Wabup juga sekaligus meresmikan lapangan wisma di kompleks LPKA yang berguna untuk kegiatan olahraga seperti badminton, futsal dan voli. Selain itu LPKA Klas 1 Kutoarjo juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan PKBI Jawa Tengah yang fokus pendampingan anak seperti bidang kesehatan, psikososial, konseling dan motivasi. 

Elisabeth kemudian menyerahkan bantuan secara simbolis berupa higieni kit kepada seluruh Anak Binaan yang diterima secara simbolis oleh Kepala LPKA Klas I Kutoarjo. Selain melaporkan jumlah anak yang mendapatkan remisi dan asimilasi di rumah dalam rangka HAN 2022, Kepala LPKA Klas 1 Kutoarjo, Hari Winarca juga menyampaikan terkait luas lahan LPKA yakni 6.195 meter persegi dengan luas bangunan 1.649 meter persegi. 

“Saat ini jumlah tahanan anak di seluruh Jawa Tengah di luar LPKA Klas I Kutoarjo sebanyak 26 anak, dan Anak Binaan lima orang yakni di Lapas Wonogiri dan Lapas Purwokerto. Adapun yang mendapatkan program asimilasi di rumah bulan Januari hingga Juli 2022 ini sebanyak 32 anak, tahun 2021 ada 26 anak dan tahun 2020 lalu sebanyak 48 anak,” tutup Hari. (*/kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com