Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Sabtu, 09 April 2022

Penemuan Granat di Bayan-Purworejo : Sudah Dilakukan Tindakan Disposal oleh Tim Jihandak Satbrimod Polda Jateng

Penemuan granat di Bayan-Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Benda berbahaya yang berjenis granat manggis  ditemukan warga di Desa Sucenjurutengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Awal mula penemuan benda tersebut, Kamis 7 April 2022, Handoyo (35) bersama rekannya  Sisu (62)  yang keduanya tinggal di Desa Sucenjurutengah melakukan penggalian tanah untuk kolam ikan. 

Pada saat melaksanakan pengalian peralatan yang dipakai membentur benda keras, setelah diteliti ternyata benda berbahaya jenis granat manggis. Dengan kejadian tersebut yang bersangkutan selanjutnya menghubungi Babinsa Koramil Bayan, selanjutnya Babinsa Koramil 02/Bayan dan Bhabinkamtibmas Polsek Bayan mendatangi lokasi untuk mengamankan penemuan benda tersebut dan dilaporkan ke satuan atas. 

Benda berbahaya yang berjenis granat manggis dengan panjang 10 Cm dan lebar 7 Cm tersebut selanjutnya diamankan di Kantor Kelurahan Sucenjurutengah, menunggu petugas dari Jihandak Satbrimob Polda Jateng. 

Saat Tim Jihandak Satbrimob Polda Jateng yang dipimpin Iptu Slamet Subagio datang, selanjutnya mengidentifikasi benda tersebut. Dari identifikasi disebutkan bahwa granat manggis tersebut penanya telah rusak/lepas namun aktif dan berbahaya, apabila meledak pecahan bisa menyambar sampai radius 100 meter. 

Kegiatan disposal atau penghancuran benda berbahaya yang berjenis granat manggis dengan diameter panjang 10 Cm dan lebar 7 Cm atau granat standar yang digunakan oleh militer itu, dilakukan Jumat 8 April 2022 pukul 12.50 WIB, telah berhasil dilaksanakan oleh Tim Jihandak Satbrimob Polda Jateng bertempat di pekarangan Warga Desa Sucenjurutengah. 

Kapolsek Bayan melalui Kasi Humas Polres Purworejo Iptu Madrim Suryantoro menyatakan, untuk kejadian penemuan granat tangan jenis manggis yang ditemukan di pekarangan Handoyo RT 02 RW 01 Dusun Tritis Lor,  sudah dilakukan tindakan disposal, merupakan yang ketiga kalinya. Granat tangan jenis manggis tersebut diduga milik para pejuang dan merupakan senjata peninggalan perang dunia kedua. 

"Kami menghimbau kepada warga kalau menemukan benda yang mencurigakan dan dimungkinkan berbahaya selalu berkoordinasi dengan petugas untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan," pesan Kasi Humas Polres Purworejo.(*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com