Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Sabtu, 02 April 2022

Kodim 0708 Purworejo Tetapkan Desa Tlogokotes sebagai Kampung Pancasila

Amalkan Lima Sila Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat 
 
Pencanangan Kampung Pancasila
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Desa Tlogokotes Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Pencanangan tersebut dilakukan Danramil 16 Bagelen, Kapten Infantri Sutiyono, di Balai desa Tlogokotes, Jumat 1 April 2022. 

Pencanangan ditandai pemukulan gong, penyerahan sertifikat Kampung Pancasila. Hadir dalam kegiatan itu, Muspika Bagelen, perwakilan Puskesmas Bagelen, Pemdes Bagelen, tokoh-tokoh masyarakat dan warga Desa Bagelen serta sejumlah siswa dari SDN  Tlogokotes. 

Kegiatan juga dikemas penyerahan sejumlah bantuan paket sembako dari Presiden RI Joko Widodo. "Kegiatan ini juga dilaksanakan di seluruh Koramil jajaran Kodim 0708 Purworejo, jadi setiap kecamatan ada satu desa yang ditunjuk untuk menjadi Kampung Pancasila.  Untuk Kecamatan Bagelen ini ditunjuk Desa Tlogokotes sebagai Kampung Pancasila," ungkap Kapten Infantri Sutiyono. 

Dikatakan, maksud dan tujuan didirikan Kampung Pancasila untuk menumbuhkan kembali kehidupan ber-Pancasila di masyarakat. "Dari lima Pancasila tersebut tentunya bisa dicerminkan dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Tlogokotes ini. Seperti contohnya kehidupan bertoleransi beragama, kemudian kehidupan bergotong royong, bahu membahu, bantu membantu terhadap warga yang kesulitan. Misal dalam kegiatan hajatan warga atau musyawarah untuk mufakat saat penyelesaian masalah yang harus didahului dengan musyawarah untuk bisa diambil kesepakatan bersama, dan bermasyarakat dengan kehidupan ber-Pancasila," jelasnya. 

Menurut dia, Pancasila merupakan dasar negara yang merupakan pengendali dari sistem pemerintahan Indonesia, penyelenggaraan negara hingga pegangan dalam hidup berbangsa dan bernegara, sehingga gagasan membentuk Kampung Pancasila diharapkan agar masyarakat mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

"Harapan ke depan Kampung Pancasila ini juga bisa diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Purworejo, tentunya ini akan menjadi agenda kita yang besar dan tanpa dukungan dari seluruh instansi atau stakeholder kita tidak akan mampu untuk melaksanakan program dari BPIP ini hingga bisa berjalan baik. Intinya kita ingin dengan Kampung Pancasila ini bisa mengembalikan kehidupan kita ke kehidupan ber-Pancasila dengan mengamalkan lima sila dari Pancasila yang menjadi ideologi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," harapnya. 

Kepala Desa Tlogokotes, Slamet Dwi Sumitro, mengaku senang dan mengapresiasi Kodim 0708 Purworejo yang telah menunjuk Desa Tlogokotes sebagai Kampung Pancasila. Dirinya mengaku siap mendukung dan menyukseskan Kampung Pancasila di Desa Tlogokotes. "Insyaallah setelah pencanangan ini kami akan segera sosialisasikan agar warga dalam menerjemahkan lima sila ini sampai saat ini tidak hilang, khususnya bagi para pemuda selaku penerus kita semoga paham apa itu Pancasila. Harapan saya semoga di desa ini semua masyarakat bisa toleransi antarumat beragama, kebersamaan masyarakat di bidang kemasyarakatan apapun ini bisa terwujud di desa ini," kata Sumitro sapaan akrab Slamet Dwi Sumitro. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com