Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 18 Maret 2022

Punya Kader Sampai Tingkat Bawah, PKK Bisa Jadi Sumber Data

Fatimah Agus Bastian
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memliki kader sampai paling bawah yakni di tingkat dasa wisma. Sehingga PKK juga memiliki berbagai macam data yang dapat menjadi sumber informasi bagi stakeholders yang membutuhkan. 

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, pada pelatihan peningkatan mutu kader PKK dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (16/03/2022). Hadir dalam acara itu Ketua TP PKK Hj Fatimah Verena Prihastyari SE, Kepala Perangkat Daerah terkait, serta seluruh TP PKK se-Kabupaten Purworejo. 

Dikatakan, TP PKK Kabupaten Purworejo bersama Pemerintah Daerah selama ini telah berhasil membangun interaksi sosial yang sangat baik. Bahkan sinergitas ini dibangun tidak hanya dengan pemerintah, melainkan juga dengan masyarakat serta segenap pemangku kepentingan lainnya, dalam upaya mendukung berbagai program pembangunan. 

“Saya tidak membayangkan jika Pemerintah Daerah ini harus membayar seluruh kader PKK atas jasa-jasanya, berapa biaya yang harus kita keluarkan. Namun Ibu-ibu mampu dengan rela dan ikhlas ikut berkontribusi dalam upaya Pembangunan Daerah Kabupaten Purworejo Untuk itu saya mau ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya,” ungkapnya. 

Namun demikian Bupati mengingatkan bahwa pekerjaan kita belum berakhir. Karena di tengah pandemi Covid-19 saat ini kita masih dihadapkan dengan segudang tantangan dalam dimensi global, seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, ketidakadilan gender, stunting dan kemiskinan. 

“Untuk menjawab realitas dan tantangan tersebut, tentunya berbagai upaya dan langkah konkret harus turut dimantapkan dan ditingkatkan, melalui komitmen dan semangat kebersamaan guna peningkatan kualitas hidup bagi perempuan dan anak dalam kesatuan keluarga,” pesannya. 

Sementara Fatimah membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat menyampaikan bahwa peringatan HKG PKK ke-50 ini terasa istimewa, karena merupakan peringatan tahun emas Gerakan PKK. Dirinya menginginkan agar Gerakan PKK kembali kepada ruh-nya sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. 

“Artinya apa? Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita berdayakan,” tandasnya. 

Sementara Ketua Panitia Ir Ely Pram Prasetyo melaporkan, peserta melibatkan perwakilan PKK kecamatan dan desa binaan. Kegiatan pelatihan mutu kader bertujuan mewujudkan peranan Tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program pemerintah yang sinergi dengan 10 Program Pokok PKK. Juga untuk meningkatkan kapasitas Tim Penggerak PKK dan para kader di semua jenjang kepengurusan yang proporsional, kredibel dan akuntabel dan kegiatan ini sebagai forum koordinasi, konsultasi dan diskusi Tim Penggerak PKK dengan para kader. (*/aspi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com