Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 17 Maret 2022

LPKA Kendari Sulawesi Tenggara Lakukan Studi Tiru ke LPKA Kutoarjo

Studi tiru LKPA Kendari ke LPKA Kutoarjo
PURWOREJO KABARJATENG.CO.ID - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Kendari, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara melakukan studi tiru ke LPKA Klas I Kutoarjo, pada Selasa 15 Maret 2022. 

Studi tiru dilakukan karena LPKA Klas I Kutoarjo telah berhasil meraih predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), tanggal 21 Desember 2020 yang lalu dan tahun 2022 ini sedang berproses untuk meraih predikat Zona Integritas yang lebih tinggi lagi yaitu Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Atas capaian tersebut, mendorong tim Zona Integritas LPKA Klas II Kendari berkunjung studi tiru ke LPKA Klas I Kutoarjo. Rombongan berjumlah 10 orang tim ZI dengan dipimpin langsung oleh Kepala LPKA Kendari, Effendi Wahyudi. 

Kunjungan disambut hangat oleh Kepala LPKA Klas I Kutoarjo, Hari Winarca, yang merupakan rekan satu angkatan 25 ketika menempuh pendidikan di Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) yang saat ini telah berubah menjadi Poltekip. Hari Winarca, mengatakan setelah turun Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) Nomor II Tahun 2012, terjadi perubahan nomenklatur dengan adanya Lembaga Pembinaan Khusus Anak di 33 provinsi di Indonesia. Ada yang merupakan LPKA dengan fisik bangunan baru dan ada yang berubah nomenklatur dari sebelumnya seperti halnya LPKA Klas I Kutoarjo. 

"LPKA Klas I Kutoarjo sebelumnya merupakan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak, hingga saat ini masyarakat sekitar sepertinya belum move on dari istilah tersebut sampai-sampai bertemu Kepala Lpka dengan sebutan Kepala Lapas Kutoarjo," ungkap Hari. 

Ditambahkan, perlu adanya terobosan-terobosan jitu melalui inovasi yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik sehingga mampu meraih predikat WBK maupun WBBM. Sementara itu, Kepala LPKA Kendari, Effendi Wahyudi, menuturkan tim ZI LPKA Kendari telah mengikuti ujian untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2021 lalu, namun belum berhasil meraih predikat tersebut. 

"Melalui studi tiru ini diharapkan tim ZI yang beranggotakan tunas-tunas muda pengayoman dari LPKA Kendari bisa menerapkan ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi apa saja pengalaman tim ZI LPKA Kutoarjo berhasil meraih predikat WBK tersebut" jelas mantan Kepala Seksi Binadik Lapas Purwokerto. Dalam pertemuanya itu, kedua LPKA itu mengadakan sesi pemaparan, diskusi dan keliling area pembinaan seperti kegiatan sekolah, perpustakaan, kesenian hadroh, karawitan, pembuatan masker kain, laboratorium komputer.  (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com