Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 19 Februari 2022

Bendungan menjadi Salah Satu Cara menuju Purworejo Mulyo

Catatan : Luhur Pambudi Mulyono  (Ketua DPC PA GMNI Purworejo)

BENDUNGAN salah satu cara yang bisa untuk membawa menuju Purworejo Mulyo Jadi kenapa harus dipolitisasi dan dipolitisir jadi alat kepentingan politik dan mafia? Index kemiskinan di Kabupaten Purworejo tahun 2021 versi BPS adalah 12,4, masih dalam zona merah karena berada di atas index nasional 10,14 dan di atas index Jateng 11,79. 

Tanpa investasi negara dan swasta dalam jumlah rupiah yang besar ke daerah ini, kemiskinan tidak mungkin bisa diatasi. Tidak usah belajar teori ekonomi pembangunan pun, orang tahu semua, bila pada suatu daerah dimasukkan modal dalam jumlah besar, kawasan itu tumbuh dan index kemiskinan berkurang. 

Cuma yang harus diperhatikan, uang masuk ke daerah itu perlu dipilih, ke sektor mana dana tersebut ditanam? Pilihan investasi ke sektor pertanian dengan membangun bendungan adalah pilihan yang berdampak pada peningkatan aset produktif yang dimiliki rakyat terutama para petani. 

Irigasi menjadikan lahan persawahan lebih produktif, begitu juga bagi para peternak sapi kereman. Artinya, projek Bendungan di Purworejo (apakah di Bogowonto, Klawing dan lainnya) akan berdampak langsung pada perekonomian rakyat. Kenapa petani dan masyarakat Purworejo membutuhkan bendungan. 

Ya, memang struktur tanah di daerah pegunungan tidak mampu menyimpan air dan oleh karena itu perlu tampungan air yang disebut dam atau bendungan itu. Semua itu terlihat nyata, beda debit kali Bogowonto di musim kemarau dan hujan sangat jauh berbeda (sekitar 3 m3 per detik di musim kemarau dan sekitar 55 m3 per detik di musim hujan). 

Ketidakstabilan ketersediaan air untuk irigasi di Purworejo itulah yang menjadi penyebab tingkat kemiskinan tinggi. Artinya, membangun bendungan apakah di Bener, di Bruno, dan lain-lainnya adalah keputusan strategik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan Purworejo Mulyo bisa terwujud. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com