Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 29 September 2021

Kades Banyuurip-Purworejo Teguh Susanto Galakkan Budidaya Kencur, Kunyit, Jahe dan Laos

Kades Banyuurip Teguh Susanto menunjukkan inovasi dan kreatif dalam membangun desa
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kepala Desa Banyuurip Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo Teguh Susanto SH terus menunjukkan kreativitas dalam menggali berbagai potensi yang ada di Desa Banyuurip. 

Kawasan Sikendal yang merupakan salah satu aset desa yang dulunya tidak produktif, telah disulap menjadi kebun beraneka tanaman bermanfaat dan kolam ikan, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. 

Berbagai tanaman, dari tanaman buah-buahan, sayuran hingga tanaman keras dibudidayakan Kades Teguh Susanto yang dibantu beberapa orang dalam perawatannya. "Secara langsung maupun tidak langsung, ini juga mendorong semua warga dapat kreatif, memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya berbagai tanaman produktif. Tentu akan menambah penghasilan bagi masyarakat," sebut Teguh ditemui kabarjateng saat melakukan perawatan tanaman di kawasan Sikendal-Banyuurip, Selasa (28/9/2021) sore. 

Teguh mengaku, pihaknya juga melakukan terobosan lainnya, yaitu mulai membudidayakan tanaman-tanaman yang bisa berfungsi sebagai bumbu dapur dan obat keluarga, seperti jahe, kunyit, kencur maupun laos

"Kencur, jahe, kunyit maupun laos, itu juga sangat dibutuhkan. Laku di pasaran. Kami juga budidayakan, sementara ini sudah ditanam sebanyak 25 Kilogram bibit kencur. Nantinya akan ditambah, termasuk budidaya kunyit maupun laos. Penanaman selain di Sikendal juga di lahan-lahan kosong lainnya di Desa Banyuurip," imbuh Teguh. 

Teguh menambahkan, program-program Pemdes Banyuurip lainnya juga terus berjalan, seperti pembangunan jalan usaha tani (JUT) yang sudah dilakukan, termasuk melanjutkan program kawasan wisata air Desa Banyuurip. 

"Dalam waktu dekat ini, kami pasang jembatan, gorong-gorong keci di area persawahan. Itu bagian kepedulian untuk bidang pertanian yang memang mata pencaharian sebagian besar warga adalah dari bertani," tutup Teguh. (kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com