Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 05 September 2021

Lestarikan Seni Budaya, Pegawai LPKA Kutoarjo Latihan Karawitan

Bentuk pelestarian budaya, pegawai LPKA Klas 1 Kutoarjo latihan karawitan (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kutoarjo, Hari Winarca bersama 12 pegawai lainnya terlihat antusias mengikuti kegiatan latihan karawitan di ruang Aula Sahardjo, Kamis (2/9/2021). Kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. 

Hari mengungkapkan biasanya Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) yang latihan karawitan setidaknya 3 kali dalam seminggu, namun tidak ada salahnya sebagai bagian dari masyarakat Jawa, pihaknya juga tidak hanya menjadi penonton tapi ikut andil untuk melestarikan karawitan sebagai warisan budaya khas Jawa tersebut. 

"Karawitan adalah sebuah seni suara yang menawarkan keindahan yang begitu halus dan memiliki fungsi estetika yang sarat dengan nilai sosial, moral dan spiritual. Karawitan Jawa tercipta dari harmonisasi dari seperangkat alat musik yang disebut gamelan." ujar Hari. 

Hari menambahkan, dengan ikutnya pegawai dalam latihan seni karawitan maka bisa menularkannya kepada Andikpas nantinya. Instruktur latihan karawitan Wardoyo, dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purworejo mengungkapkan pada awal sesi latihan diperkenalkan terlebih dahulu nama-nama alat gamelan. 

Selanjutnya mengenal notasi karawitan yang disesuaikan dengan masing-masing alat gamelan seperti saron, peking, bonang, demung, kendang dan lain sebagainya. "Melalui gamelan, seni karawitan mampu mendidik rasa keindahan seseorang yang diharapkan untuk menumbuh kembangkan kesadaran pada nilai sosial, moral dan spiritual. Orang yang biasa berkecimpung dalam dunia karawitan, rasa kesetiakawanan tumbuh, tegur sapanya halus, tingkah laku lebih sopan," pungkas mantan Kepala LPKA Bengkulu ini. 

"Pada tahap awal latihan ini, cukup baik hasil yang didapatkan dengan lagu pengiring Tul Jaenak yang dipopulerkan oleh Koes Plus. Dengan rajib belatih, InsyaAllah akan semakin baik nantinya dan bisa berkolaborasi dengan Andikpas" ungkap Wardoyo. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com