Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 29 Mei 2021

Fatimah Agus Bastian Kunjungi PAUD Wunut-Ngombol

Fokus pada Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 

Fatimah Agus Bastian saat mengunjungi Pos PAUD Inklusi Cinta Kasih Amalia (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE melakukan kunjungan di Pos PAUD Inklusi Cinta Kasih Amalia yang berlokasi di Desa Wunut RT 02 RW 01 Kecamatan Ngombol-Purworejo, Kamis (27/5/2021). 

Kunjungan Fatimah diterima penyelenggara PAUD Nurlina Sri Andalis AMKeb, Ketua TP PKK Desa Wunut Sarini. Fatimah Agus Bastian yang juga sebagai Ketua TP PKK kabupaten tersebut, melakukan kunjungan dalam rangka melihat secara langsung pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Turut mendampingi sekretaris TP PKK Maini Widarto, Wakil Ketua Poka II PKK Rukiana Jaka Setyanta, Kasi Dindikpora Parwati SPd dan sejumlah pengurus PKK. 

Fatimah mengapresiasi adanya PAUD inklusi yang lebih memfokuskan pada pendidikan anak berkebutuhan khusus. PAUD ini membutuhkan pembelajaran dengan penuh kesabaran dan ketelatenan, yang tentu saja tidak semua orang mampu melakukannya. 

“Maka saya bangga PAUD ini sangat membantu mendidik anak berkebutuhan khusus menjadi mandiri, disiplin dan menjadikan anak percaya diri. ABK tidak untuk dikucilkan, jangan disembunyikan, tapi harus disuport dan diberi pendidikan yang baik sesuai dengan kemampuannya,” harap Fatimah. 

Sementara itu Nurlina Sri Andalis menjelaskan, PAUD inklusi pada masa pandemi Covid-19, dilakukan pembelajaran dengan pembatasan agar tidak berkerumun. Dalam satu minggu dilakukan dua kali tatap muka. Selebihnya daring yang disampaikan ke ortunya. 

“ABK yang sekolah di PAUD inklusi ini, ada perkembangan yang bisa dilihat. Antara lain dalam 3 bulan mulai bisa penyesuaian, mau bersalaman, mau tersenyum, mau menyapa teman dan menyapa guru. Lalu pada 6 bulan terlihat sudah bisa berlatih belajar dengan menggunakan alat edukasi,” jelas Nurlina yang juga sebagai bidan Puskesmas. 

Dikatakan, ABK yang lulus sudah memiliki bekal yakni memiliki kemandirian, tidak minder, dapat hdup bersosialisasi dengn lingkunganya. Untuk meneruskan sekolah di SDLB, lebih diarahkan pada skill atau keterampilan. 

“Saya mendirikan PAUD inklusi ini harapannya bisa menyatukan ABK dengan anak-anak normal, supaya tidak ada pembedaan. Namun sampai saat ini, masih menemui kendala, karena ada yang belum mau belajar bersama dengan ABK,” ujar Nurlina. 

Untuk memasukkan ABK ke PAUD inklusi, kata Nurlina tidak ada persyaratan khusus. Termasuk tidak membatasi peserta didik dari desa dan kecamatan lain. Sosialisasi terus dilakukan untuk mengajak orang tua yang memiliki ABK agar memberikan kesempatan mendapatkan pendidikan, utamanya pada tingkat dasar di PAUD. Jumlah murid ABK ada 6 orang dari Ngombol dan Grabag, sedangkan jumlah guru pendidik 2 orang. Maini Widarto mengatakan, PAUD inklusi Cinta kasih amalia ini bisa menginspirasi yang lain bahkan penyelenggara PAUD nantinya dapat menyampaikan program PAUD inklusi kepada Ketua TP PKK-Ketua TP PKK. (*/kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com