Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 18 April 2021

Ketua PKK Kabupaten Purworejo Ajak Cegah Penyakit Hepatitis

Ketua PKK Kabupaten Purworejo Fatimah mengajak mencegah penyakit hepatitis (ist/kj)
PURWOREO, KABARJATENG.CO.ID - Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE mengajak TP PKK untuk mencegah penyakit hepatitis, melalui pola hidup sehat. Dimulai dari diri sendiri, keluarga dan mengajak lingkungan. 

Pengurus dan anggota PKK supaya bisa sebagai role model menjaga kesehatan. Hal tersebut disampaikan Fatimah Agus Bastian pada kegiatan sosialisasi Kenali dan Cegah Penyakit Hepatitis yang diselenggarakan TP PKK Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Rumah Sakit Budi Sehat, Sabtu (16/4/2021). 

Kegiatan yang digelar di Kantor PKK itu dihadiri Wakil Ketua Dra Erna Setyowati Said Romadhon, dr Padmi Bektilestari SpPD sebagai narasumber dan sejumlah pengurus PKK Kabupaten. Lebih lanjut Fatimah mengatakan, menyambut positif atas dilaksanakannya sosialisasi ini sebagai upaya pencegahan dan bisa juga sosialisasi kesehatan-kesehatan yang lain. Apalagi aktivitas pengurus PKK sanagt padat, sehingga dibutuhkan stamina yang sehat. 

“Saya berharap pengurus dan anggota PKK juga menyampaikan pencegahan penyakit hepatitis kepada masyarakat di lingkungannya, tentunya tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” harapnya. 

Menurutnya, PKK Kabupaten merupakan satu keluarga, satu rumah tangga yang tidak bisa dipisah-pisahkan, maka satu dengan lainnya saling melengkapi dan saling mendukung. Masing-masing bidang baik sekretariat, bendahara, dan Pokja supaya mengetahui juga kegiatan bidang dan Pokja yang lain. 

“Termasuk adanya kegiatan sosialisasi pencegahan hepatitis ini, meskipun ini kegiatnya Pokja IV, tapi yang lain juga harus mengetahui.” Tandas Fatimah. 

Sementra itu dr Padmi Bektilestari memaparkan materi mengenai pengertian Hepatitis yang berarti peradangan pada organ hati atau di masyarakat sering disebut sakit kuning, tapi tidak semua sakit kuning disebabkan oleh radang hati. Penyebab Hepatitis berasal dari virus atau non virus (obat-obatan, alkohol, autoimun), di Indonesia sendiri menduduki peringkat ketiga penderita hepatitis terbanyak di dunia setelah India dan China, terdapat sekira 30 juta orang penderita hepatitis B dan C, bagi yang sudah terinfeksi tidak diperbolehkan donor darah, organ atau jaringan jika menderita hepatitis B/C dan menjaga agar orang lain tidak terkena darah dan cairan tubuh penderita hepatitis,imbuhnya. 

Secara terpisah Erna Said sosialisasi ini sangat penting supaya mnengathui lebih dini sehingga bisa dilakukan pencegahan. Bahkan pada sosialisasi ini juga disediakan pemeriksaan Kesehatan seperti pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kadar gula darah, berat badan, dan lainnya. Kerjasama ini bisa terus ditinglkatkan dengan menggandeng insatnsi lain. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com