Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 29 Januari 2021

Perekonomian Desa Harus Bangkit di Tengah Lesu karena Pandemi

catatan : Saridal ST MM -Mantan Kadivre Regional 1 Sumut dan Aceh (3 Tahun)

                                       -Mantan Kadapos 2 Bandung (4 Tahun)

                                        -Mantan Direktur teknik PT Kereta Commuter Indonesia

PANDEMI Covid-19 yang melanda wilayah Indonesia pada umumnya mengakibatkan permasalahan stabilitas ekonomi di semua sektor. Salah satunya di sektor pertanian dan UMKM. Pandemi Covid-19 saat ini tidak hanya berdampak pada masyarakat di perkotaan saja, begitu juga masyarakat yang berada di pedesaan juga turut merasakan dampak dari pandemi yang melanda Indonesia.

Selain itu, masing-masing desa juga harus diarahkan untuk mengembangkan potensi lokalnya dalam rangka memperkuat daya ungkit ekonomi desa. Warga-warga di desa harus diberikan ruang partisipasi dan kreasi dalam memajukan sektor-sektor unggulan desa seperti yang berkaitan dengan pertanian, wisata desa hingga industri di pedesaan pada umumnya.

Hal ini membuat Pemdes harus aktif berpikir keras agar mampu menangkap peluang emas di tengah kondisi mewabahnya Covid-19 di desanya, agar perputaran roda perekonomian masyarakat desa bisa kembali bangkit.

Salah satunya dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan kerajinan, pertanian yang ada di desa tersebut. Hasil dari kerajinan, pertanian tersebut bermacam-macam, harus ditampung serta disalurkan atau dibantu oleh dinas terkait dengan jajarannya. Pihak-pihak terkait jangan kongkow saja, kasihan terhadap masyarakat pedesaan. Ingat aparatur sipil negara (ASN) dibayar oleh masyarakat sebagai abdi negara.

Sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tersebut akan menyedot antusias warga sekitar untuk membangitkan perekonomian desa serta semangat kerjanya. Bahkan perangkat desa pun tak ingin ketinggalan ikut meramaikan dengan pasti didampingi dari pihak-pihak terkait dengan desa-desa. Dalam setiap kegiatan harus mematuhi protokol kesehatan. Semoga berhasil dan tetap semangat. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com