Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 01 September 2020

Kedai UMKM Pinunjul Loano Dilaunching

Loano Masuk Jalur Ororita Borobudur


PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kedai Pinunjul yang memiliki berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kecamatan Loano, dilaunching Senin (31/8/2020). Launching kedai Pinunjul yang terletak di Jl Purworejo-Magelang Kilometer 7 itu, dilakukan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari SE dengan pengguntingan pita dan potong tumpeng.

Turut mendampingi Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Drs Bambang Susilo, Kabag Perekonomian Dra Titik Mintarsih MPd, Camat Loano Laksana Sakti AP MSi, Ketua UMKM Loano Sri Bandu Rahyuni dan sejumlah pelaku UMK Kecamatan Loano.

Fatimah Verena Prihastyari usai pengguntingan pita mengaku bangga dilaunchingnya kedai UMKM, mengingat di masa pandemi Covid-19 Kedai Pinunjul masih dapat mengembangkan kreativitasnya untuk terus bersaing di pasaran.

“Dalam berbisnis yang harus diperhatikan yakni ketekunan, telaten dan terus berinovasi. Seperti saat ini yang hampir semua sektor mengalami penurunan pendapatan, namun Kedai Pinunjul berani membuka usaha supaya UMKM tetap eksis dan untuk kesejateraan. Lokasi kedai yang berada di pinggir jalan juga sangat mendukung, dan teruslah dipromosikan lewat medsos juga,” harapnya.


Sementara itu Bambang Susilo mengatakan, Kedai Pinunjul ini merupakan sebuah jawaban bagi para pelaku UMKM terutama UMKM di wilayah Kecamatan Loano. Semua produknya dipajang di kedai dari mulai kerajinan tangan hingga snack dan jajanan khas Loano. Apalagi usaha mikro memiliki ketahanan, karena ternyata yang tidak pernah mengenal krisis adalah usaha mikro.

“Kami berharap Kedai Pinunjul ini akan dapat menjadi virus yang positif, di kecamatan-kecamatan yang lain. Kami Dinas KUKMP, akan terus ikut berperan dalam pendampingan dan pembinaan. KUKMP memang bertugas membina, mendorong mutu produk, pemasaran, pemodalan dan lainnya. Termasuk jika ada kendala, insya Allah kami siap membantu mencari solusinya yang tentu saja dengan duduk bersama membahas permasalahan yang ada,” ujar Bambang.

Camat Laksana Sakti mengapresiasi kelompok UMKM yang mendirikan Kedai Pinunjul. Ini terobosan baru untuk dapat lebih meningkatkan dan mengasah kemampuan, kemadirian dan kreativitas para pelaku UMKM. Tentunya akan memfasilitasi promosi produk-produk dari wilayah Kecamatan Loano.

Apalagi Loano termasuk dalam jalur Otorita Borobudur, tentu sangat berpeluang positif mengingat Purworejo akan menjadi tujuan wisatawan. Sri Bandu Rahyuni menjelaskan, Kedai Pinunjul beranggotakan pelaku UMKM se-Kecamatan Loano yang terbentuk kurang lebih 2 tahun lalu. Tediri dari usaha kuliner, basah maupun kering, pembatik, crafter dan juga pedagang di Kecamatan Loano, Semua UMKM beragbung dengan tujuan untuk maju, mandiri, dan selalu meningkatkan kualitas. Usaha yang dijalankan antara lain mengikuti pameran produk, pelatihan offline dan online dimasa pandemic, serta memaksimalkan pemasaran secara online. Konsep yang diusung Kedai Pinunjul yakni dari “kita untuk kita”. Kedai pinunjul setiap hari akan dibuka untuk melayani.

“Kami juga siap menerima pesanan. Produk-produknya lengkap meliputi makanan, kuliner, oleh-oleh, minuman, fashion batik, kerajinan atau craft, sepatu, tas dan sebagainya. Ada sekitar 70 produk, harapannya masyarakat khususnya Kecamatan Loano bisa meramaikan kedai pinunjul,” jelas Sri Bandu. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Arifianto Indrawan, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com