Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 30 Juni 2020

Wabup Purworejo Apresiasi UMKM Tepati Permintaan Masker Gubernur

Silaturahim kelompok UMKM
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengatakan, di masa pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu, permintaan masker di semua daerah meningkat. Peluang pembuatan masker kain cukup besar, bahkan juga melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Purworejo dalam memproduksi masker.

Seperti permintaan Gubernur selaku Kepala Daerah Provinsi Jawa Tengah yang memesan masker kain sebanyak 100 ribu masker kepada pelaku UMKM Kabupaten Purworejo.

“Saya sangat apresiasi dan bangga terhadap pelaku UMKM yang ditunjuk, bisa selesai tepat waktu dengan telah mampu memenuhi target jumlah dan target waktu. Harapannya ini akan membuka peluang UMKM Kabupaten Purworejo, untuk bisa bersaing dengan daerah lain pada produk-produk serupa maupun produk lainnya,” tandas Yuli Hastuti pada kegiatan Silaturahmi Kelompok UMKM Pembuat Masker, di CPU Wonoroto Kopwan Srikandi, Sabtu (27/6/2020).

Hadir pula Kepala Dinas KUMKMP Purworejo Drs Bambang Susilo, Sekretaris Dinpermasdes Anas Naryadi SH MM, Ketua Koperasi Wanita Srikandi Sri Susilowati SE dan sejumlah pengurus UMKM pembuat masker se-Kabupaten Purworejo.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, ini juga menjadi peluang pengembangan usaha bagi UMKM pembuat masker, yang bisa dipasarkan tidak hanya di Purworejo tetapi juga daerah-daerah lainnya.

“Terkait bantuan untuk UMKM, kami akan terus mengupayakan baik dari APBD maupun dari pemerintah pusat dan provinsi. Dengan harapan agar UMKM segera bangkit sehingga perputaran ekonomi di wilayah Kabupaten Purworejo dapat bergairah kembali. Saya juga berharap forum seperti ini bisa dilanjutkan untuk saling saring, agar UMKM di Kabupaten Purworejo dapat berkembang dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu Bambang Susilo mengatakan, Dinas KUKMP sebenarnya bertanggung jawab pada Mikro dengan ketentuan usaha mikro modal Rp 50 juta per bulan dan Rp 500 juta per tahun. Sedangkan untuk yang modal per bulan Rp 100 hingga Rp 1 miliar per tahun, seharusnya masuknya tanggung jawab pemerintah provinsi. Namun karena usaha yang dikelola Kopwan Srikandi berada di wilayah Kabupaten Purworejo, sehingga masih menjadi urusan Dinas KUKMP.

Dalam situasi pandemi Covid-19, sektor usaha utamanya UMKM mengalami kesulitan. Tapi adanya bantuan untuk UMKM, seperti pesanan pembuatan masker 100 ribu, bantuan bahan baku pembuatan kue dan yang sedang dalam proses pengusulan, bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) berupa bantuan modal non tunai. “Pada prinsipnya bantuan untuk UMKM sudah didata secara jelas, sehingga satu UMKM hanya boleh menerima 1 jenis bantuan, tidak boleh dobel. Karena ini sistimnya pemerataan,” ujar Bambang.

Sri Susilowati mengaku forum ini sebagai kesempatan untuk berbagi ilmu dalam mengembangkan produk usaha. Tentunya ilmu yang dimiliki masing-masing UMKM untuk bisa juga dibagikan. Seperti yang telah Kopwan Srikandi lakukan yakni memberikan ilmu kepada semua UMKM perajin gula kelapa dan minyak kelapa agar lebih maju. Bahkan Kopwan Srikandi yang telah memiliki jaringan pemasaran hingga luar negeri juga siap bekerja sama, yang orientasinya untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM.

Ketua panitia Misdiyono menjelaskan, jumlah UMKM pembuat masker sebanyak 44 UMKM, dan telah menyelesaikan pembuatan masker kain 100 ribu masker. Dengan ketentuan masker sesuai standar kesehatan yakni masker dua lapis menggunakan kain katun combad, ketebalan 24 - 30 s, dengan ukuran lebar 20 dan panjang 18, dan ukuran tengah 12 cm pinggir 10 cm. Katun combad, ketebalan 24 spe 30 s. Ukuran lebar 20 panjang 18 mdel 1. Kl.mdl 2 lbr 20 tngah 12 yg pgir 10 cm. “Di samping membuat masker pesanan provinsi, kami juga membuat masker untuk dipasarkan di wilayah Purworejo, bahkan Alhamdulilah pemasarannya menjangkau Jakarta, Jawa Timur dan Papua. Kami juga membuat ikat kepala sebagai pelengkap batik, seragam batik, peci anyaman kain, blangkon, kerudung, dan sebagainya yang terkait menjahit,” jelas Misdiyono. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com