Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 09 April 2020

Pemerintah Perlu Bentuk Tim Kendali Ekonomi dari Pusat hingga Desa

Prosentase Kemiskinan Bakal Naik karena Covid-19

Ketua Kadin Jatim Basa Alim Tualeka
SURABAYA, KABARJATIM.CO.ID - Kemiskinan di Indonesia sebelum masuknya Covid-19 sekitar 10 persen dari jumlah penduduk di Indonesia, diperkirakan bakal naik 5-10 persen karena dampak adanya Covid-19 yang sekarang belum reda. 

"Banyak pekerja yang dirumahkan di berbagai perusahaan yang ada di Indonesia, banyak UMKM yang berhenti memproduksi, banyak masyarakat yang pekerja harian pendapatannya sudah jatuh penyebabnya Covid-19. Untuk itu pemerintah perlu membentuk tim ekonomi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul sekarang dan pasca Covid-19 bila nantinya sudah reda," ujar Ketua Kadin Jawa Timur, Basa Alim Tualeka kepada awak media, Rabu (8/4/2020). 

Dijelaskan Basa panggilan akrab pria yang dikenal suka menulis berbagai judul buku ini, tim ekonomi yang dibentuk harus benar-benar profesional dan solid. "Kementerian yang terkait perekonomian wajib masuk dalam tim, lembaga ekonomi non pemerintah, tokoh ekonomi yang paham kondisi di lapangan dan bisa ditambah dari Kementerian Pertahanan karena menyangkut stabiltas keamanan Negara," ujarnya seraya menambah, Tim Kendali Ekonomi bisa dibentuk dari pusat hingga desa. 


Menurut Basa, dengan terbentuknya tim ekonomi, pemerintah sangat terbantu dengan bentuk konkret di lapangan, semua bisa disinergikan. "Anggaran APBN, APBD I, APBD II dan berbagai bantuan dari para pengusaha serta donatur luar negeri bisa dihitung secara akurat untuk apa saja. Sebab kalau pemerintah memberikan bantuan hanya 10 persen kepada orang yang tidak mampu, lalu bagaimana yang di luar 10 persen dan terbukti ikut terdampak? Jawabnya ada di tim ekonomi. Ini baru masalah pemerataan bantuan, belum kebijakan lain yang berkenaan dengan perindustrian dan perdagangan dan masih banyak lagi, sehingga perlu pemetaan masalah dan solusi selanjutnya muncul kebijakan serta aturan-aturan," ujarnya. (why/fen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com