Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 03 Januari 2020

Terobosan Bumdes Jenarwetan-Purwodadi : Programkan Pembangunan Kolam Renang

Dari Pasar Unggas dan Merpati, Pendapatan per Minggu Rp 75.000 

Kepala Desa Jenarwetan-Purwodadi Aris Karmo (kiri) berdiskusi dengan kabarjateng soal Bumdes (foto sigit w/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rukun Ngudi Rahayu Desa Jenarwetan Kecamatan Purwodadi-Purworejo, perlahan tapi pasti terus bertumbuh dan berkembang dengan baik. Kepala Desa Jenarwetan AKBP (purn) H Aris Karmo SE, aktif dalam memantau dan mendorong kemajuan Bumdes Rukun Ngudi Rahayu, dimana kepala desa sebagai penasehat Bumdes. 

Belum lama dilaunching unit usaha Bumdes Rukun Ngudi Rahayu Jenarwetan, kini per minggu ada pemasukan tetap yang mengalir ke kas Bumdes. Ditemui kabarjateng baru-baru ini, Kades Aris Karmo mengakui, pemasukan per minggu Bumdes untuk sementara ini sekira Rp 75.000. 

"Alhamdulillah, ada pemasukan per minggu untuk Bumdes Rukun Ngudi Rahayu Jenarwetan,sebesar Rp 75.000. Kami optimis, pendapatan akan terus bertambah, karena baru satu unit usaha yaitu dari retribusi pedagang unggas dan merpati di lokasi yang sudah Bumdes sediakan," urai Aris Karmo. 

"Untuk agenda dalam waktu dekat demi peningkatan pemasukan Bumdes, selain pedagang unggas dan merpati, kami coba untuk pedagang kambing. Masih kami jajaki, intinya demi peningkatan pendapatan Bumdes yang nantinya berimbas pada kesejahteraan masyarakat," imbuh Aris Karmo. 

Tak berhenti sampai di situ, Aris Karmo bersama aparatur pemerintah desa lainnya, sudah mengonsep untuk pembuatan kolam renang. Pengelolaan kolam renang nantinya dilakukan oleh Bumdes. "Desain kolam renang sudah kami buat. Sudah jadi, dan agendanya kami akan sowan ke anggota DPR RI di Jakarta, yaitu Mas Bramantyo. Sudah kami komunikasikan, itu bagian dari pengembangan usaha Bumdes Rukun Ngudi Rahayu," terang dia. 

Lokasi kolam renang, direncanakan di dekat SD Inpres Jenarwetan, memanfaatkan lahan milik desa yang kurang produktif. "Sementara untuk tahun 2020 ini, sudah diprogramkan untuk realisasi pembangunan gedung Bumdes dan BPD. Bangunan dua lantai, lantai 1 untuk aula pertemuan," tegas Aris Karmo. (kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Arifianto Indrawan, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com