Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 13 November 2019

Mengikuti Balon Bupati Ziarah ke Makam-makam Leluhur di Purworejo (2)

Ke Gunungwangi, Pak Dhe SR Ziarah Petilasan Syeh Maulana Magribi

Sebagai orang Jawa, bakal calon (balon) Bupati Purworejo Slamet Riyanto, tidak lupa dengan Jawanya. Cinta budaya, nguri-uri budaya, sudah menjadi gaya khas Slamet Riyanto yang di kalangan rekan-rekannya, dipanggil dengan sebutan Pak Dhe. Darma bhakti kepada leluhur, juga ditunjukkan, dengan melakukan ziarah ke makam-makam leluhur di Purworejo. Dan itu sudah menjadi kebiasaan Pak Dhe SR-media ini menyebut mantan Kades Karangtalun-Ngombol itu. Tidak hanya saat menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada). Media ini, pada  Kamis (7/11/2019), mengikuti Pak Dhe SR, ziarah ke makam-makam leluhur. Berikut cerita sepanjang perjalanan hingga sampai tempat ziarah.  


 
Slamet Riyanto bersama rombongan saat ziarah ke petilasan Syeh Maulana Magribi (foto sigit w/kj)
MASIH
dalam perjalanan ziarah bakal calon (balon) Bupati Purworejo Slamet Riyanto (Pak Dhe SR). Setelah dari makam Tumenggung Suratman Joyowinoto di Desa Tridadi Kecamatan Loano, dilanjutkan ziarah ke petilasan Syeh Maulana Magribi yang berlokasi di Desa Gunungwangi Kecamatan Kaligesing. 



Lokasi petilasan berada di kawasan puncak. Dibutuhkan niat tulus, semangat yang pantang menyerah untuk menuju puncak. Apalagi jika menggunakan mobil, tak mudah mencapai lokasi hingga puncak. Jalanan yang terjal meninggi serta menikung. Pak Dhe SR dan rombongan pun, nyaris tak sampai puncak, karena mobil yang dikendarai sempat terhenti karena tidak kuat mendaki. 
Di situlah, tampak jiwa kepemimpinan Pak Dhe SR. Dirinya pantang menyerah. Kendati rombongan harus ramai-ramai menahan mobil agar tidak mundur, ada pula yang mengganjal ban dengan batu. Sempat berhenti beberapa lama, akhirnya Pak Dhe SR mengambil alih langsung kemudi, bertindak sebagai driver. Niat tulus dan semangatnya untuk berziarah ke makam-makam leluhur yang mewarnai Kabupaten Purworejo, tidak terhenti. Pelan tapi pasti, mobil terus naik menanjak, dan alhasil sampai kawasan puncak lokasi petilasan Syeh Maulana Magribi. 

Slamet Riyanto dan rombongan foto bersama di depan petilasan Syeh Maulana Magribi
Parkir mobil seadanya, karena memang lokasinya saat itu ada perbaikan fasilitas lingkungan, Pak Dhe SR dan rombongan masuk ke petilasan Syeh Maulana Magribi. Rombongan terdiri Kades Tridadi-Loano Asrudin, mantan Kades Ngadirejo-Kaligesing Nawir bersama rombongan lainnya, berdoa bersama di petilasan. Kades Asrudin yang memimpin doa. Tak lupa mendoakan Purworejo dan masyarakat, agar adem ayem, makmur dan sejahtera. 

"Lokasinya sangat bagus dan menantang, berada di puncak, panorama alamnya sangat indah. Alamnya subur, ini sangat baik dikemas maksimal menjadi alternatif wisata di Purworejo. Tentu dengan pembenahan-pembenahan lebih lagi," ungkap Pak Dhe SR usai menaburkan bunga. 

Tak selang berapa lama, azan Magrib berkumandang. "Kita tunggu selesai azan. Baru kita lanjutkan perjalanan ke bawah, kembali ke rumah," kata Pak Dhe SR yang sesampai di kawasan Pangenrejo, mengajak rombongan makan malam Mie Jawa. 

Hari-hari berikutnya, perjalanan ziarah Pak Dhe SR pun terus berlanjut. Termasuk ziarah ke makam Romo Herucokro Semono di Desa Kalinongko Kecamatan Loano. (tomo widodo/bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com