Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 18 November 2019

7 Kali Berturut-turut, Pemkab Purworejo Terima Piagam WTP

Bukti Kualitas Pengelolaan Keuangan yang Berstandar Tinggi 

Bupati Purworejo Agus Bastian menerima piagam WTP di Pendopo Kabupaten, Senin (17/11/2019) sore (foto mustaqim)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM mengaku bangga, Pemerintah Kabupaten Purworejo kembali menerima plakat dan piagam Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan RI. Perlu diketahui, Kabupaten Purworejo menerima opini WTP tujuh kali berturut-turut. Dan tiga plakat di antaranya, diperoleh sejak Agus Bastian menjabat Bupati Purworejo. 

“Biasanya saya diundang, tapi kali ini plakat diantar oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan. Ini merupakan kebanggaan yang luar biasa, terutama bagi saya secara pribadi, karena selama menjabat sebagai Bupati Purworejo selalu menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI,” kata Agus Bastian sesaat menerima plakat dan piagam WTP di Pendopo Kabupaten, Senin (18/11/2019) sore. 

Plakat tersebut diserahkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaiman Syah SE. Pada acara itu, uga hadir Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Sekda Said Romadhon dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Piagam WTP, Pemkab Purworejo dinilai baik dalam pengelolaan keuangan (foto mustaqim)
Bupati menjelaskan, opini WTP selama tujuh tahun berturut-turut serta plakat dan piagam WTP yang diterima Pemerintah Kabupaten Purworejo, bukanlah menjadi tujuan akhir. Atas prestasi itu, diharapkan bisa menambah motivasi untuk semakin disiplin dalam pengelolaan anggaran. 

Melalui penghargaan itu, juga diharapkan mampu mendorong segenap unsur di Kabupaten Purworejo, untuk senantiasa membudayakan perilaku-perilaku positif, disiplin, taat hukum dan menjauhkan dari kemungkinan tindak korupsi sekecil apapun. 

“Opini WTP adalah penilaian tertinggi atas kualitas pengelolaan keuangan yang menjamin bahwa informasi keuangan telah wajar disajikan, sesuai standar akuntansi pemerintahan,” terang Bupati Agus Bastian. 

Penyerahan piagam WTP yang sudah tujuh kali berturut-turut, menurut Agus Bastian, harus terus menerus dijaga dan dipertahankan oleh semua perangkat daerah dalam proses pertanggungjawaban anggaran dan harus memastikan semuanya sudah transparan dan akuntabel. 

Sementara itu Sulaiman Syah menegaskan, pemberian plakat dan piagam WTP merupakan apresiasi dari pemerintah pusat kepada Pemkab Purworejo atas kualitas pengelolaan keuangan yang berstandar tinggi. 

“Tapi penghargaan yang sebenarnya adalah dana insentif daerah yang akan diberikan kepada Pemkab Purworejo. Besarannya sesuai dengan 26 indikator lainnya,” ujar Sulaiman. 

Masih kata Sulaiman, sebagai bentuk sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, pihaknya selalu memonitor pengelolaan dana APBN di Purworejo. Tahun ini dana APBN yang dikelola Pemkab Purworejo mencapai Rp 777 miliar untuk pembangunan fisik dan dana desa. 

Pusat juga akan terus memantau penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik. Proyek-proyek yang dibiayai DAK harus dikawal untuk memastikan tidak ada yang tidak terselesaikan. 

“Ke depan dana APBN yang diturunkan ke daerah lebih besar lagi, karena Jawa Tengah ditetapkan sebagai provinsi dengan percepatan pembangunan di bidang ekonomi,” tutup  Sulaiman.  (gm) 

penulis : gus mustaqim
editor   : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com