Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 13 September 2018

Sego Penek, Inilah yang Khas dan Melegenda dari Purworejo (1)

YANG KHAS : Agus Se dan keluarganya melayani para pembeli makanan khas favorit Sego Penek (ist/kj)
BANYAK makanan khas dan menjadi favorit di Kabupaten Purworejo bahkan hingga skala lebih luas, seantero negeri. Salah satunya adalah Sego Penek (Nasi Penek), yang merupakan makanan khas Purworejo yang melegenda, asli dari Dusun Ngandul Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi, Purworejo. 

Sego Penek sudah dari generasi ke generasi, menjadi menu makanan favorit, di samping rasa enak yang khas, juga harga sangat terjangkau. Saat ini Sego Penek dijual Rp 5.000 per bungkusnya, di era kekinian harga tersebut sangatlah murah, melihat cita rasa Sego Penek yang pelanggannya dari berbagai kabupaten/kota. 


Keluarga yang mewarisi dan terus mengembangkan usaha kuliner Sego Penek yaitu Sumirah yang akrab disama Ibu Bekel, dibantu oleh putranya Agus S,  yang sudah piawai meneruskan usaha turun temurun dari leluhurnya tersebut. 

Berbincang dengan kabarjateng.co.id di kediamannya Dusun Ngandul- Jenar Wetan belum lama ini, Agus menceritakan, peminat Sego Penek dari berbagai kalangan, baik dari golongan menengah hingga atas, dan semua usia. 

"Merupakan makanan khas yaitu sayur nangka muda, ayam kampung, dengan kuah yang kental. Untuk nangka ada yang dibuat gudeg. Menu lain ada seperti tahu, tempe, telor atau sesuai permintaan konsumen. Bahkan kadang belum sampai ke pasar pun, sudah banyak yang beli," beber Agus yang sudah menguasai cara memasak Sego Penek. 

"Kami buka di Pasar Jenar, Pasar Purwodadi dan Pasar Krendetan, setiap hari pasarnya. Jam 05.00 pagi sudah siap-siap, banyak pembeli pun yang datang ke rumah. Kami juga melayani pesanan semisal untuk pesta atau event lainnya," imbuh Agus. 

Agus acap kali menerima pujian dari para pelanggannya, begitu merasakan Sego Penek dengan harga Rp 5.000, pelanggannya pun kaget dengan rasa yang enak dan sangat murah. 

"Usaha kuliner akan terus kami lestarikan, mennjadi kebanggaan kami untuk terus melestarikan makanan khas dari leluhur kami," sebut Agus. Untuk pemesanan Sego Penek dapat menghubungi di nomor 0812 9333 1600. (kj/bersambung) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com