Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 13 September 2018

Pelatihan Pengolahan Bahan Makanan Desa Wirun : Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

PELATIHAN : Ibu-ibu kelompok Berkah Persada Desa Wirun mengikuti pelatihan dari BLK Purworejo (sigit w/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Selain giatnya pembangunan fisik di Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, sisi pemberdayaan masyarakat juga diperhatikan Kepala Desa Wirun, Wahyudi. Wahyudi menaruh perhatian untuk memajukan perekonomian masyarakat sekitar. 

Salah satu yang dilakukan, yakni bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Purworejo, melakukan pelatihan untuk kaum perempuan, dalam hal pengolahan bahan makanan khas yang mudah didapat di lingkungan sekitar. Seperti bahan makanan dari singkong dan olahan makanan khas lainnya. Ada makanan kering, ada pula makanan basah yang dibuat.

Ratno (kiri) pelatih BLK Purworejo (sigit w/kj)
Pelatihan sudah digelar, diikuti 16 orang, selama pelatihan dipandu langsung pelatih dari BLK Purworejo, Ratno. Pelatihan sendiri digelar di kediaman Kepala Desa Wirun, dari pagi hingga sore.  

"Ada banyak bahan makanan yang mudah didapat, seperti singkong. Dengan pengolahan lebih lagi, secara ekonomis bisa lebih menguntungkan. Jad dari BLK memberikan pelatihan kepada Ibu-ibu di Desa Wirun, cara mengolah bahan makanannya," ungkap Ratno kepada media ini di sela pelatihan, baru-baru ini. 

"Bahan makanannya dari BLK yang menyediakan, termasuk peralatannya saat pelatihan. Semua hal diperhatikan, mulai teknis pembuatan makanan olahannya, kebersihannya, pengemasannya hingga nantinya pemasarannya yang baik," imbuh Ratno. 

Ibu-ibu yang mengikuti pelatihan tergabung dalam kelompok Berkah Persada, rencananya Kamis (13/9/2018) merupakan penutupan pelatihan, sekaligus bazar di gedung serbaguna Desa Wirun. 

"Usai pelatihan, kami harapkan tetap dijalankan pembuatan makanannya. Termasuk upaya dari pemdes untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan Ibu-ibu untuk pembuatan makanannya," tegas Wahyudi. (kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com