Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 31 Maret 2018

Inilah Rangkaian Merti Desa Jenarlor yang Kental dengan Nuansa Budaya (1)

Diawali Kenduri Pagi, Dilanjutkan Pengambilan Air yang Pertama di Sumur Talang 

Menjadi yang beda rangkaian merti desa di Desa Jenarlor Kecamatan Purwodadi, Purworejo. Nilai sejarah yang tinggi, kisah-kisah inspiratif dan adanya peninggalan sumur talang yang hingga saat ini disakralkan sebagai warisan budaya leluhur, dimana Eyang Bathoro Loano yang termasuk membuka Desa Jenarlor pada awalnya. Semua itu menjadi bagian budaya masyarakat Jenarlor. Rangkaian merti desa dimulai Sabtu (31/3/2018) pagi, dengan beberapa agenda yang sudah disiapkan. Didapuk sebagai senopati budaya Jenarlor, Sutaryadi, yang juga mantan Kades Jenarlor, turun tangan langsung 'mandegani' rangkaian merti desa. 


Pengambilan air di Sumur Talang
DIFOKUSKAN di padukuhan Talang, Jenarlor, rangkaian merti desa diawali dengan kenduri pagi. Ada sebuah joglo yang memang digunakan untuk berbagai kegiatan warga di padukuhan Talang. Sebagai bentuk wujud syukur dan makin memperkuat kebersamaan, warga menunjukkan guyub rukunnya. 

"Sabtu (31/3/2018) digelar kenduri, tiap tahun rutin digelar di Talang. Warga makin guyub rukun, memang ini tujuan kami sembari melestarikan budaya luhur," ungkap Sutaryadi kepada kabarjateng.co.id di sela rangkaian merti desa. 


"Ada sejarahnya, dimana Eyang Bathoro Loano saat merintis Desa Jenarlor, membuat saluran air dari talang. Dari wilayah Banyuurip mengunakan talang untuk mengairi sawah di mbulak Angkruk Ketip. Kisahnya, dari aliran air di talang ada yang menetes, dan yang menetes itu menjadi sumur. Warga menyebut dengan sumur Talang hingga saat ini," beber Sutaryadi. 

Setelah kenduri pagi, dilanjutkan dengan pengambilan air di sumur Talang yang pertama. "Untuk Sabtu (31/3/2018) sekitar pukul 15.30 WIB dilanjutkan acara petik tirto. Budaya luhur ini akan terus dilestarikan, mengenang perjuangan para luhur dalam mengembangkan dan memajukan desa," tegas Sutaryadi. (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com