Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 24 Maret 2018

Aksi Penghijauan SMPN 9 Purworejo (1)

Terobosan Kepala Sekolah, Tanam 500 Sengon dan 100 Akasia 

Dengan polesan tangan dingin Dra Dwi Endah Prihatinginingsih, SMPN 9 Purworejo yang lokasinya berada di Desa Malangrejo Kecamatan Banyuurip, terus berbenah. Pembenahan semua lini, menjadikan SMPN 9 makin maju, saat ini sedang menuju Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Purworejo.  Jumat (23/3/2018) pagi, SMPN 9 melakukan penghijauan yang juga diikuti berbagai elemen masyarakat. Wujud bakti sekolah pada lingkungan dan masyarakat. Semua itu bagian dari terobosan yang dilakukan kepala sekolah. 


Endah (kiri) langsung terjun dalam aksi penghijauan
KERJA nyata selalu ditunjukkan Endah sapaan akrab Dra Dwi Endah Prihatiningsih yang dipercaya menjadi Kepala SMPN 9 Purworejo. Dia tak mau hanya banyak bicara, sekadar konsep belaka, namun aksi, kerja dan kerja menjadi poin penting yang selalu dibuktikan Endah. Fakta, kini SMPN 9 menjadi asri dan rindang, banyak ruang terbuka hijau (RTH) di berbagai sudut sekolah. Dan SMPN 9 pun kini menuju Sekolah Adiwiyata. Suatu proses positif yang membutuhkan komitmen tinggi, dan hal itu telah dibuktikan sang kepala sekolah. Di era kekinian, kepala sekolah yang merupakan manager bagi sekolah, harus pandai-pandai melakukan inovasi dan terobosan bagi kemajuan sekolah dan lingkungannya. 


Para siswa ditempa karakter cinta lingkungan
"Kami menanam sebanyak 500 bibit sengon dan 100 akasia. Untuk sengon kami tanam di pinggiran lapangan sekolah, sementara akasianya ditanam di Desa Surorejo. Terima kasih kerja sama semua pihak, semua jajaran sekolah yang membantu dan juga berbagai elemen masyarakat, seperti Kades dan perangkatnya baik dari Malangrejo dan juga desa sekitarnya," beber Endah ditemui media ini di sela aksi penanaman. 

Terobosan yang dilakukan Endah, bagian dari kepedulian untuk sekolah, karena ratusan sengon yang ditanam nantinya bisa dimanfaatkan untuk keperluan sekolah, seperti pemenuhan kebutuhan komputer untuk UNBK. Secara ekologi, sangat bermanfaat karena menjadi lingkungan lebih asri. Termasuk kepedulian sosial bagi masyarakat, 100 akasia disumbangkan untuk desa. 

"Pendidikan tak bisa dilepaskan dari masyarakat sekitar. Hubungan yang baik harus dijaga, bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkualitas," imbuh Endah. 

"Tidak berhenti dengan aksi penanaman, untuk perawatannya pun akan kami lakukan dengan baik. Dalam hal ini membina siswa, secara bergiliran menyirami tanaman-tanaman produktif tersebut. Sudah kami belikan 38 ember, per kelas bergiliran. Menempa karakter siswa, cinta akan lingkungan, dari sisi ekonomi yang ditanam adalah tanaman produktif, 5-7 tahun bisa dipanen dan memberi penghasilan untuk sekolah," tegas Endah. (*/bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com