Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 31 Januari 2018

Menjelang Imlek di Klenteng Thong Hwie Kiong Purworejo


Salah satu sudut klenteng Thong Hwie Kiong (sigit/kj)
MENJELANG perayaan tahun baru Imlek pada 16 Februari mendatang, media ini mengunjungi klenteng Thong Hwie Kiong yang berada di Kabupaten Purworejo. Sang juru kunci klenteng (biokong) Edi Wijaya, menyambut ramah kedatangan tim kabarjateng.co.id. 


Belum terlalu banyak persiapan dilakukan, Edi Wijaya menyebut umat Konghucu di Purworejo melakukan ibadah menyambut Imlek pada Kamis (15/2/2018) malam hingga tepat perayaan tahun baru pada Jumat 16 Februari. 

"Kamis (15/2/2018) malam, ibadah di klenteng. Imleknya tepat 16 Februari. Tahun baru Cina 2018 identik dengan shio anjing tanah," ungkap Edi-yang memulai menjadi biokong dari Jambi, kemudian di Sragen, Magelang dan akhirnya di Purworejo.


Edi pun mempersilakan media ini untuk berkunjung kembali saat malam tahun baru Imlek, dimana para pengurus Yayasan Thong Hwie Kiong semua hadir dan bersilaturahmi. "Ada rencana saat setelah Imlek yaitu pada Cap Go Meh, akan mengadakan barongsai," imbuh Edi yang menambahkan, Imlek merupakan perayaan budaya etnis Tionghoa apapun agamanya.

Biokong asal Jambi ini pun mengingatkan, agar berbuat baik kepada sesama tanpa membedakan apa suku, keyakinan atau latar belakang lainnya. "Sangat baik bakti sosial seperti memberikan sembako (beras) bagi orang yang sangat membutuhkan. Perbuatan sangat baik, memberikan orang lain makan saat orang itu lapar. Karena banyak hal bisa terjadi, saat orang itu lapar atau susah makan, apapun bisa dilakukan. Maka berbuatlah baik kepada orang yang benar-benar membutuhkan pertolongan," beber Edi. 

Edi banyak mengisahkan mengenai klenteng yang dibangun sekira 1888. Dirinya pernah melakukan semacam meditasi, diberi petunjuk jika klenteng tersebut dibangun tiga keluarga dari Tiongkok yang melakukan perjalanan laut, akhirnya bersandar di laut Jatimalang Kecamatan Purwodadi. Kemudian perjalanan darat, yang akhinya menetap dan kemudian membangun klenteng di sekitar Baledono-Purworejo tersebut. 

"Tiga keluarga, semua bahan bangunan klenteng dibawa dari Tiongkok. Di Purworejo ini yang tertua, kemudian keluarga yang satunya membangun di Magelang dan Temanggung," kata Edi yang sempat mengajak media ini berkeliling di semua area klenteng. Dia tak menyangkal, tak sedikit orang yang datang ke klenteng dan juga meminta dirinya untuk mendoakan apa yang dicita-citakan atau harapkan. 

Untuk diketahui, klenteng tersebut berdiri di lahan seluas 400 meter persegi, lokasi persis di Jalan Singodranan, belakang Pasar Baledono, Purworejo. Di halaman depan bagian kanan terdapat prasasti dengan huruf China kuno berangka tahun 1888 M. Arsitektur bangunan berciri arsitektur China dengan warna dominan merah sebagai simbol penolak bala terhadap kekuatan roh jahat. Bangunan terdiri dari tempat pemujaan dan asrama pengelola. 
Dari ciri bangunan, klenteng ini merupakan klenteng standar yang semua bahan bangunannya didatangkan dari Tiongkok. Ciri klenteng standar adalah di bawah bangunan ada batunya yang panjang tanpa sambungan. Tedapat arca Dewa Bumi atau Dewa Hok Tek Ceng Sin,  usianya sudah mencapai ratusan tahun.  Dewa Bumi  merupakan dewa utama yang dianggap dewa paling bijak dan sabar. Klenteng ini sudah diinventarisir sebagai benda cagar budaya (BCB) Pemkab Purworejo. (kj/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com