Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 08 Desember 2017

Desa Kemejing Kecamatan Loano Gencarkan Pelatihan, Wakhid Muzani : Persiapan untuk BUMDes


Kades Kemejing Wakhid Muzani dan kelaurga
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Kepala Desa Kemejing Kecamatan Loano, Purworejo, Wakhid Muzani, menaruh kepedulian untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di desanya yang bertopografi perbukitan. Wakhid menyeimbangkan antara pembangunan fisik lingkungan dengan pemberdayaan masyarakat. Sosok kepala desa muda ini, memiliki pemikiran cerdas ke depan, bagaimana nantinya warga Desa Kemejing memiliki kemampuan, keterampilan dan atau pengalaman yang baik yang bisa meningkatkan perekonomian desanya. 

Ditemui kabarjateng.co.id Kamis (712/2017) malam, Wakhid menerangkan, belum lama ini pihaknya meresmikan balai pendidikan dan perpustakaan Desa Kemejing, bangunan dua lantai tersebut, berfungsi untuk tempat pendidikan atau pelatihan warga desa, sekretariat Karang Taruna, tempat pertemuan atau rapat dan juga dapat difungsikan untuk hal-hal bermafaat lainnya. 


 "Memang kami gencarkan sisi pelatihan bagi warga desa, untuk pemberdayaan masyarakat, agar SDM meningkat. Jangkauannya untuk BUMDes Kemejing ke depan. Kami akui kesulitan untuk pengurus BUMDes, memang kami terkendala SDM, makanya saat ini kami gencarkan pemberdayaan masyarakat," beber Wakhid Muzani. 

 "Baru-baru ini kami gelar budidaya tanaman buah kelengkeng dan juga budidaya jamur tiram. Peserta kelompok tani dan kelompok wanita tani. Kami kerja sama dengan pihak terkait. Harapannya dengan pelatihan-pelatihan itu, dapat dikembangkan para kelompok tani," imbuh Wakhid. 

Dia menambahkan, pelatihan masih terus digelar, yang akan datang yaitu pelatihan pembuatan mebelair dari bambu, Desa Kemejing memang dikenal produksi bambu dari berbagai jenis, termasuk akan menggelar pelatihan pembuatan kerajinan tangan.  

"Hingga tiga tahun ke depan ini, kami akan gencarkan pelatihan bagi warga desa.  Memang untuk saat ini hasilnya tidak terasa,  namun tahun-tahun ke depan akan besar manfaanya, membuat kemandirian semisal dalam hal ekonomi," tegas Wakhid. (kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com