Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 07 Desember 2017

Desa Kemejing Kecamatan Loano Gencarkan Pelatihan, Wakhid Muzani : Persiapan untuk BUMDes


Kades Kemejing Wakhid Muzani dan kelaurga
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Kepala Desa Kemejing Kecamatan Loano, Purworejo, Wakhid Muzani, menaruh kepedulian untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di desanya yang bertopografi perbukitan. Wakhid menyeimbangkan antara pembangunan fisik lingkungan dengan pemberdayaan masyarakat. Sosok kepala desa muda ini, memiliki pemikiran cerdas ke depan, bagaimana nantinya warga Desa Kemejing memiliki kemampuan, keterampilan dan atau pengalaman yang baik yang bisa meningkatkan perekonomian desanya. 

Ditemui kabarjateng.co.id Kamis (712/2017) malam, Wakhid menerangkan, belum lama ini pihaknya meresmikan balai pendidikan dan perpustakaan Desa Kemejing, bangunan dua lantai tersebut, berfungsi untuk tempat pendidikan atau pelatihan warga desa, sekretariat Karang Taruna, tempat pertemuan atau rapat dan juga dapat difungsikan untuk hal-hal bermafaat lainnya. 


 "Memang kami gencarkan sisi pelatihan bagi warga desa, untuk pemberdayaan masyarakat, agar SDM meningkat. Jangkauannya untuk BUMDes Kemejing ke depan. Kami akui kesulitan untuk pengurus BUMDes, memang kami terkendala SDM, makanya saat ini kami gencarkan pemberdayaan masyarakat," beber Wakhid Muzani. 

 "Baru-baru ini kami gelar budidaya tanaman buah kelengkeng dan juga budidaya jamur tiram. Peserta kelompok tani dan kelompok wanita tani. Kami kerja sama dengan pihak terkait. Harapannya dengan pelatihan-pelatihan itu, dapat dikembangkan para kelompok tani," imbuh Wakhid. 

Dia menambahkan, pelatihan masih terus digelar, yang akan datang yaitu pelatihan pembuatan mebelair dari bambu, Desa Kemejing memang dikenal produksi bambu dari berbagai jenis, termasuk akan menggelar pelatihan pembuatan kerajinan tangan.  

"Hingga tiga tahun ke depan ini, kami akan gencarkan pelatihan bagi warga desa.  Memang untuk saat ini hasilnya tidak terasa,  namun tahun-tahun ke depan akan besar manfaanya, membuat kemandirian semisal dalam hal ekonomi," tegas Wakhid. (kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com