Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 26 Oktober 2017

Soal Warga yang Belum Terdata, Panitia Pilkades Diminta Konsultasi ke Kecamatan


Muh Jumali (kiri) berdiskusi dengan kabajateng.co.id
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Terkait belum semuanya warga Desa Rasukan Kecamatan Ngombol, Purworejo, yang memiliki hak pilih terdata dalam DPT pilkades Rasukan, komentar bijak disampaikan Kasi Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kabupaten Purworejo, Muh Jumali SIP MM. 

Kepada media ini, Jumali sapaan akrab Muh Jumali SIP MM menyapaikan, untuk langkah awal sebaiknya panitia pemilihan segera konsultasi dan koordinasi ke kecamatan. 

"Langkah awal panitia segera konsultasi ke kecamatan, agar mendapatkan solusi terbaik," tegas Jumali, Kamis (26/10/2017). 
Jumali tidak panjang lebar menyampaikan pendapatnya, hanya lebih menekankan pada langkah antisipatif, hingga panita diharapkan melakukan konsultasi ke pihak-pihak terkait lainnya. Tak hanya Jumali, beberapa tokoh warga juga menyampaikan pendapatanya, agar warga yang memang mempunyai hak pilih, diupayakan dapat memberikan hak pilihnya. Bahkan informasi yang dihimpun media ini, aspirasi  warga juga sudah disampaikan ke Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Rukma Setya Budi.


Menjadi informasi,  ada beberapa warga yang memang memiliki hak pilih, tetapi tidak terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT). Aspirasinya, agar menjadi perhatian bagi pihak-pihak terkait, agar warga yang memiliki hak pilih dibuktikan dengan KTP dan merupakan warga asli Desa Rasukan, dapat menyalurkan hak pilihnya. 
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rasukan, Levi Handoko, mengakui ada beberapa warga yang tidak terdata dalam DPT. "Ada 14 warga yang mempunyai hak pilih, sebagai warga asli Rasukan, tapi tidak terdata dalam DPT. Sudah kami sampaikan ke pihak terkait, alangkah baiknya hal ini disikapi dan warga yang memang memiliki hak pilih tersebut dapat menyalurkan suaranya pada pilkades mendatang," sebut Levi Handoko.
Menurut Levi, masih ada waktu untuk hal ini dimusyawarahkan kembali oleh pihak-pihak terkait, demi tersalurnya hak politik warga  yang memang memiliki haknya. Daripada sesudah pelaksanaan, baru muncul permasalahan karena protes warga yang tidak bisa menyalurkan suaranya. 
Diakui Levi, dari 14 warga tersebut, diberikan pernyataan dan pihak keluarga tidak akan mempermasalahkan di kemudian hari karena tidak bisa menyalurkan haknya, semisal berada di luar daerah atau alasan lainnya. 
"Sepengetahuan saya, ada dua orang yang tidak menandatangani karena memang ingin menyalurkan hak suaranya. Ingin menyalurkan karena sudah memiliki haknya, sebagai warga Rasukan dan sudah punya KTP, dan ingin benar-benar menyalurkan suaranya. Jadi diharapkan hal ini disikapi bersama, diantisipasi agar semua yang berhak dan ingin menyalurkan suaranya dapat menggunakan hak pilihnya," jelas Levi. (tim kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com