Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 06 Oktober 2017

Slametan dan Doa Bersama di Lokasi Kebo Kuning : Wujudkan Soko sebagai Desa Wisata


Slametan dan doa bersama di lokasi Kebo Kuning
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Budayawan Dimas Nanang Heriyadi memiliki niat mulia, menjadikan Desa Soko dan sekitarnya kawasan Kecamatan Bagelen, menjadi kawasan wisata. Nanang sapaan akrab Dimas Nanang Heriyadi, menggali potensi budaya, sejarah leluhur yang sangat menarik, dan dikemas untuk nantinya menjadi sarana objek wisata yang bisa mendatangkan kesejahteraan masyarakat.

Dimulai dari Desa Soko, Nanang dan rekan-rekannya, mewujudkan petilasan Kebo Kuning, yang merupakan leluhur Desa Soko. Nah, Jumat (6/10/2017) malam, digelar slametan dan doa bersama  di lokasi pemasangan patung Kebo Kuning, dimana padukuhan setempat bernama Dukuh Kebo Kuning, Desa Soko. 



Patung Kebo Kuning (sigit widiyanto/kj)
Hadir dalam acara itu, tokoh-tokoh masyarakat setempat seperti Warsito, tokoh pemuda dan para budayawan, termasuk kabarjateng.co.id yang mendapat undangan dari Nanang. Doa bersama dipimpin tokoh agama setempat, mendoakan para leluhur dan juga mendoakan niat mulai Nanang dan masyarakat untuk menjadikan Desa Soko menjadi desa wisata.  

"Ini acara syukuran dan doa bersama di lokasi Kebo Kuning. Dari sejarah dan memang penuturan orang-orang tua dulu, di lokasi inilah tempatnya Kebo Kuning. Termasuk ada kubangannya untuk mandi," beber Nanang. 

"Kebo Kuning adalah manusia, seperti kita ini. Orang dulu banyak dinamakan dengan nama-nama hewan, dia adalah leluhur Desa Soko. Saya bersyukur masyarakat melestarikan budaya dan sejarahnya, dan sepakat untuk menuju desa wisata dengan mengangkat budaya setempat," imbuh Nanang. 

Nanang (tengah) diskusi dengan kabarjateng.co.id
Di lokasi patung Kebo Kuning tersebut, dibangun aksesori bernuansa zaman dulu, seperti ada lampu kerajaan, yang kesemuanya dikerjakan oleh Nanang dan rekan-rekannya. Lokasi sekitar juga akan dibuatkan taman bacaan, termasuk taman buah yang kini sudah marak warga sekitar menanami pekarangan dengan tanaman-tanaman buah-buahannya. 

"Ini belum jadi, nantinya setelah jadi baru diresmikan, rencana mengundang Bupati Purworejo," urai Nanang yang sangat bangga dengan partisipasi warga dalam mewujudkan petilasan Kebo Kuning di Desa Soko. 

"Ini semua dengan menggunakan swadaya warga sendiri. Ada iuran semen, batu, semua dari warga sendiri. Warga yang memang sadar untuk melestarikan budaya desanya, dan mengangkatnya untuk menjadi wisata yang bermanfaat bagi semua," tegas Nanang. (tw/sigit w)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com