Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 30 September 2017

Doa Restu Orangtua, Joko Kartono Kian Mantap menuju Pilkades Jenar Kidul


Joko Kartono dan kedua orangtua Bambang Sutopo-Rohayati
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Berbekal doa restu dan dukungan kedua orang tua, Joko Kartono kian memantapkan langkah kakinya dalam pemilihan kepala desa (pilkades) Jenar Kidul Kecamatan Purwodadi, Purworejo. 

Kabarjateng.co.id sengaja mengunjungi kediaman orang tua Joko Kartono di Jenar Kidul, Jumat (29/9/2017), kesan sederhana sangat jelas terlihat, keluarga yang bersahaja, nggak neko-neko, namun hangat dan ramah dengan siapa saja. Gambaran calon pemimpin yang memang tahu wong cilik, tahu kesusahan masyarakat bawah, namun berani dan rela mengabdi pada semua masyarakat tanpa kecuali.

Apa sebab karakter pemimpin melekat pada sosok Joko Kartono? Sepertinya tidak berlebihan, karena memang sedari kecil Joko Kartono digembleng, didik untuk menjadi pelayan rakyat. Dan terbukti, berbagai organisasi sosial dan kemasyarakatan, diikuti dan di situ dirinya melebur, membaur dengan masyarakat luas dari berbagai umur, profesi dan latar belakang. 

Joko Kartono pernah menjadi Ketua Karang Taruna Jenar Kidul, sukses dalam kepemimpinnannya, Karang Taruna mampu eksis dengan kegiatan-kegiatan positifnya. Kini Joko Kartono merupakan pengurus Lembaga Pertahanan Masyarakat Desa (LPMD) bagian kepemudaan dan juga menjadi pengurus Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD). 

"Memang saya dorong anak kebanggaan saya, untuk mengabdi menjadi pelayan masyarakat.  Secara materi, kami bukan siapa-siapa. Namun memang kami didik Joko, karakter yang baik, pemimpin itu melayani bukannya dilayani. Pemimpin itu mengerti aspirasi banyak orang. Jadi sudah sejak lama Joko terjun ke organisasi sosial kemasyarakatan," ungkap Bambang Sutopo. 

"Niat maju pilkades, selain dorongan warga juga niat Joko yang ingin mengabdi pada desa. Sudah saya tekankan, jadi Lurah (kades) itu tidak mencari kekayaan atau jabatan semata, namun benar-benar menjadi pemimpin yang melayani semua tanpa membeda-bedakan," imbuh Bambang Sutopo. 

Digembleng sedemikian rupa, membuat Joko Kartono makin terbangun karakter  yang kuat dan baik sebagai pemimpin. Dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, dirinya selalu terjun membantu dan tanpa pamrih. 

Joko Kartono pun sudah door to door mendatangi rumah warga Jenar Kidul, meminta maaf, mohon restu dan dukungan. Niat tulus Joko Kartono, disambut positif masyarakat Jenar Kidul. 

"Tinggal sekira 10-an rumah yang harus dikunjungi lagi. Saya meminta maaf, mohon restu dan dukungan," kata Joko Kartono, alumni SMPN 8 dan SMAN 3 Purworejo serta mahasiswa akhir Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). 

Gambaran Joko Kartono adalah gambaran politik kekinian, dimana menjungkirbalikkan kalau politik adalah semata uang dan kekuasaan. Namun politik adalah sejatinya seni, seni memimpin, meneruskan aspirasi masyarakat dan politik yang pro rakyat. Jadi kader atau calon pemimpin itu, memang harus terbangun karakter yang baik, rekam jejaknya baik, dan tahu apa yang akan diperbuat untuk kemajuan wilayahnya dan kesejahteraan warganya. 

Mau tak mau, calon pemimpin itu harus punya nilai jual di masyarakat, hingga masyarakat atau rakyat sendirilah yang bahu membahu terjun memberikan dukungan. Meski belumlah sempurna, namun gambaran pro rakyat, terdapat dalam diri Joko Kartono. Penerapan ing ngarso sung tolodho, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, diterapkan dalam kiprah keseharian Joko Kartono (tim kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com