Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 12 November 2016

Trirejo Dijadikan Sentralnya Bank Sampah Purworejo


Dwi Darmawan
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Melihat dekat Desa Trirejo Kabupaten Purworejo, terlihat perekonomian warga sekitar yang bergeliat. Utamanya kaum muda melalui Karang Taruna setempat, yang mampu mengelola sampah organik hingga mendatangkan penghasilan. 

Ini tak lepas dari peran aktif Kepala Desa Trirejo Dwi Darmawan AMd, yang jeli melihat potensi desa dan punya semangat membangun desa yang tinggi. 

"Desa Trirejo punya TPST 3R dan Bank Sampah, semua berjalan dengan baik. Selaku pengelola Karang Taruna, dan itu sudah menghasilkan. Tempat penampungan sampah terpadu, sebagian dikelola untuk pupuk organik. Sementara di Bank Sampah, sampah-sampah anorganik selain didaur ulang agar punya nilai lebih, juga dikirim pabrik dan itu menghasilkan setiap bulannya," ungkap Wawan sapaan akrab Dwi Darmawan kepada kabarjateng.co.id baru-baru ini di rumahnya. 


Pengelolaan sampah anorganik di Bank Sampah Desa Trirejo
"Awalnya bermula dari sedekah sampah, kemudian digerakkan lebih lagi menjadi program masyarakat peduli sampah.  Hingga saat ini, makin besar dan besar. Banyak yang studi banding ke Trirejo. Bahkan Trirejo berprestasi melalui pengelolaan sampah, menjadi juara II nasional untuk TPST 3 R. Misi kami pun, menjadikan Desa Trirejo menjadi Bank Sampah Sentral untuk Purworejo," urai Wawan yang mengaku, Bank Sampah Trirejo bekerja sama dengan kantor-kantor yang ada di Purworejo. 

Langkah Kepala Desa sangat didukung warga, utamanya Karang Taruna selaku pengelola Bank Sampah. Wawan ingin masyarakatnya sejahtera, dirinya berusaha keras membuat terobosan, mengembangkan potensi untuk masyarakatnya. 

"Jika menjadi Bank Sampah Sentral di Kabupaten Purworejo, tentu volume sampahnya besar, dan secara nilai ekonomis pun lebih besar, dan ini sangat baik bagi kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Trirejo," beber Wawan yang aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan. 

Semangat Wawan memang tinggi. Sebagai kepala desa, dirinya siap mendedikasikan pengabdiannya untuk kemajuan desa. "Saya mengajak warga desa saya, agar proaktif. Bagaimana desa bisa maju. Potensi yang ada dikembangkan. Trirejo merupakan desa penyangga kota Purworejo. Pertanian yang ada pun, ke depan dikembangkan secara organik. Sebagaimana menjadi tujuan saya, menjadikan Trirejo desa organik di Purworejo," tegas kepala desa banyak ide ini. (tim kj)

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com