Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 29 Juli 2016

Curah Hujan Tinggi, Petani Tembakau Temanggung Terancam Rugi

TEMANGGUNG.KABARJATENG.CO.ID – Tanaman tembakau yang rentan terhadap curah hujan tinggi memang akan merugikan petani tembakau. Seperti terjadi di wilayah Kedu, tepatnya di daerah Temanggung, Jawa Tengah. Di mana curah hujan tinggi belakangan hari ini cukup berdampak pada tanaman tembakau di daerah tersebut.

Tanaman tembakau di kawasan Gunung Prau, Sindoro, dan Sumbing Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Rusak akibat hujan yang terjadi pada musim kemarau basah. Daun tembakau rusak, terutama di bagian bawah.

Beberapa petani menuturkan, bahwa bagian bawah daun tembakau menguning akibat tingkat kelembaban yang tinggi, sehingga hal tersebut akan menurunkan kualitas tembakau.

Petani juga menuturkan daun yang telah menguning tersebut kalau masih bisa dipanen bisa dijadikan "dendeng" untuk membuat cerutu, tetapi kalau tidak bisa dimanfaatkan akan dibuang sehingga petani merugi.

Sebelumnya Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Temanggung, Untung Prabowo mengatakan pada kemarau basah tahun ini, petani dalam menanam tembakau harus memperhatikan drainase agar tidak terjadi kelembaban yang dapat memicu timbulnya penyakit pada tanaman tembakau.

"Iklim sangat berpengaruh terhadap tanaman tembakau, saat kemarau basah masih terjadi hujan, hal ini jangan sampai mengganggu tanaman tembakau maka harus memperhatikan struktur budidaya," tuturnya.

Menurut Untung, luas tanaman tembakau di Kabupaten Temanggung pada masa tanam 2016 mencapai 16.220 hektare atau turun dibanding masa tanam 2015 sekitar 19.000 hektare. Hal ini karena sebagian besar lahan beralih fungsi menjadi areal persawahan. (pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com