Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 02 Mei 2024

Safari Perpustakaan di Kelurahan Kutoarjo Diwarnai Pemberian PMT

Safari Diikuti Siswa SD dan Masyarakat Umum, Dihadiri Bupati Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pemkab Purworejo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengadakan Safari Perpustakaan Gema Literasi kepada siswa SD dan masyarakat umum. Dalam acara yang berlangsung di Kelurahan Kutoarjo Kecamatan Kutoarjo, Selasa (30/4/2024), tampak hadiri Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Kepala Dinpusip Dra Eny Sudiyati MM, Camat Kutoarjo Nur Huda SSTP MIP, Kabag Prokopim Setda Anas Naryadi SH MM, Lurah Kutoarjo Suhar SE MAP dan unsur terkait lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan 100 bungkus bantuan berupa sembako dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita guna pencegahan stunting kepada masyarakat Kelurahan Kutoarjo. Bupati menyampaikan, kegemaran membaca dapat membuat seseorang menjadi lebih cerdas. Dengan membudayakan gemar membaca memiliki peluang keluar dari kemiskinan dan kebodohan. 

“Kegemaran membaca dalam skala yang lebih luas juga akan membuat masyarakat menjadi lebih produktif dan berdaya saing. Sebaliknya, minat baca yang rendah akan menyebabkan kemampuan inovasi kita rendah, padahal inovasi adalah salah satu kunci kemajuan bangsa,” tandasnya. 

Dijelaskan Bupati, perpustakaan sebagai media literasi harus mengambil peran sebagai penyedia informasi yang dibutuhkan penggunanya. “Literasi tidak hanya sebatas membaca, tetapi juga mempraktikkan isi buku, untuk mendukung semua bidang ilmu pengetahuan. Sehingga idealnya, perpustakaan harus selalu mengikuti perkembangan ilmu dan pengetahuan maupun fenomena sosial yang sedang terjadi di masyarakat,” jelasnya. 

Menurutnya, implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan pelayanan perpustakaan yang inklusif, melalui kegiatan pelibatan masyarakat seperti pelatihan, sosialisasi, penyuluhan dan kegiatan serupa. 

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran penting perpustakaan dalam memajukan pendidikan, budaya dan pengetahuan melalui membaca buku atau sumber informasi dalam bentuk lain,” harapnya. 

Ditemui usai acara, Kabid Perpustakaan Aspiyatun SIP menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kegemaran membaca kepada masyarakat desa dan kelurahan yang jauh dari pusatnya perpustakaan. Dijelaskan, kegiatan safari perpustakaan sasarannya desa/ kelurahan yang merah atau miskin dan yang stunting. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan dengan pelatihan dan mencerdaskan masyarakat agar tidak mudah terpengaruh berita hoax serta dapat mengembangkan potensi dirinya. 

“Kegiatan ini dilaksanakan enam kali di setiap tahunnya, dan melibatkan enam Sekolah Dasar (SD) untuk ikut serta pada safari perpustakaan. Dalam rangkaian kegiatan safari juga terdapat pelatihan salah satunya dengan pelatihan peternakan magot dan pengolahan limbah plastik,” jelasnya. 

Dengan adanya safari perpustakaan, diharapkan masyarakat lebih menyadari bahwa membaca itu penting dan anak-anak. Masyarakat lebih mencintai lagi untuk meningkatkan minat membacanya, serta meningkatkan tingkat kegemaran membaca di kabupaten Purworejo meningkat. (*/kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com