Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 10 Oktober 2023

Delapan Pimpinan Kecamatan JPPPM di Kabupaten Purworejo Resmi Dilantik

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pimpinan Kabupaten Purworejo Jami'iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh (JPPPM), menggelar pengukuhan dan pelantikan Pimpinan Kecamatan Jami'iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh (JPPPM) se-Kabupaten Purworejo, masa khidmah 2023 - 2028, di Gedung TQN An Nawawi, Desa Gintungan, Kecamatan Gebang, Purworejo, Jawa Tengah,  Senin (9//10/2023). 

Ada delapan kecamatan yang telah terbentuk secara kepengurusan dan dilakukan pelantikan yang dikemas dalam kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hadir secara langsung melantik Pimpinan Kecamatan dan memberikan pengajian (mauidhoh hasanah), yakni Pimpinan Kabupaten Purworejo Jami'iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh (JPPPM), Nyai Hj Siti Khuzaimah SPdI. 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Tanfidiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Purworejo, H Farid Solihin, perwakilan GP Ansor Kabupaten Purworejo, perwakilan Badan Kesbangpol Purworejo, sejumlah Kyai dan Gus, para Ibu Nyai Pengasuh Pesantren dan Muballighoh se-Kabupaten Purworejo. 

Nyai Hj Siti Khuzaimah, didampingi Sekretaris JPPPM Kabupaten Purworejo, Nyai Rr Nurul Komariyah SSos MAP, menyebut, sesuai dengan Surat Keputusan Pimpinan Kabupaten Purworejo Jami'iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh (JPPPM), dengan Nomor : 02/A/JPPPM.PimKab/X/2023, ada delapan kecamatan yang dilantik dalam kegiatan itu. Kedelapan Kecamatan itu di antaranya JPPPM Kecamatan Bayan dipimpin oleh Ny Hj Siti Muntaqobatuz Zahro, Kecamatan Butuh dipimpin oleh Ny Hj.Maghfiroh, Kecamatan Kutoarjo dipimpin Ny Hj Tasrifah, Kecamatan Kemiri dipimpin oleh Ny Muamilah, Kecamatan Loano dipimpin oleh Ny.Durrotul Qolbiyah, Kecamatan Gebang dipimpin oleh Ny Qisthi Rofi’ah SHI, Kecamatan Bener dipimpin oleh Ny Nur Fadhilah dan Kecamatan Bruno dipimpin Ny Siti Mamnu’ah. 

"Kegiatan hari ini merupakan program kerja dari JPPPM Kabupaten Purworejo. Untuk itu salah satu programnya adalah membentuk pimpinan kecamatan. Alhamdulillah sore hari ini sudah terbentuk delapan kecamatan, kemudian bisa dilantik hari ini juga. Mudah-mudahan dengan pelantikan sore hari ini ke depannya Ibu Nyai itu bisa tambah eksis, JPPPM bisa semakin berkibar dan gaung namanya di Kabupaten Purworejo," kata Nyai Hj Siti Khuzaimah, saat ditemui usai kegiatan. 

Saat ini dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo, baru ada 8 kecamatan yang telah terbentuk kepengurusan dan telah dilantik. Untuk 8 kecamatan yang lain rencananya dilakukan pelantikan pada bulan April 2024 mendatang, dibarengkan dengan kegiatan seminar JPPPM. 

"Jadi kita dengan wadah JPPPM ini, nanti bisa bersilaturahim, bersinergi, berkolaborasi, itu akan menjadikan JPPPM atau wanita-wanita muballighoh ini bisa maksimal berdaya guna untuk semuanya," ujarnya. 

JPPPM dibentuk pada 28 jumadil awal 1436 H namun berdiri secara resmi pada 30 Agustus 2016 lalu, dengan ketua umumnya Hj Hannik Maftukhah Afif dari Pondok Pesantren Sirojurrokhim Temanggung, Jawa Tengah. JPPPM yang bergerak di bidang sosial keagamaan, pendidikan, pemberdayaan perempuan, sosial bidaya dan ekonomi ini tidak hanya terbentuk secara nasional di Indonesia, namun juga telah terbentuk di sejumlah negara lain, seperti di Kairo, Mesir, Belanda, Amerika, Yaman, Malaysia, Kanada, Jerman, Autralia, Al jazair dan Inggris. 

"JPPPM bersifat independen atau tidak berafilisi pada partai politik manapun," tegasnya. Usai dilakukan pelantikan pimpinan kecamatan, Pimpinan Kabupaten Purworejo JPPPM akan menggelar pertemuan rutin tiga bulan sekali (Triwulan). Kegiatan itu merupakan program dari JPPPM Nusantara. 

"Jadi nanti kita tiap tiga bulan sekali akan ada pertemuan, di kabupaten-kabupaten lain juga melaksanakan pertemuan triwulan itu, dan ini yang sudah kita agendakan per kecamatan dan insyaallah sudah ada yang pertama nanti adalah pertemuan di Kecamatan Butuh, setelah dilakukan pelantikan di sore hari ini," jelasnya. 

Dirinya berharap ke depan Ibu Nyai Ibu Nyai yang tergabung dalam wadah JPPPM bisa lebih berdaya guna lagi sesuai dengan tujuan dan harapan dari dibentuknya JPPPM. "Alhamdulillah tahun ini dengan dukungan semuanya baik dari Ibu-ibu Nyai yang tergabung dalam JPPPM maupun Nawaning, yaitu Ibu Nyai yang muda-muda, sudah bersama kita, sehingga acara-acara bisa berjalan dengan lancar, kemudian dari segala bidang itu juga sudah ada termasuk IT," pungkasnya. (widarto) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com