Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 06 September 2023

Dibuka Wabup Purworejo, Festival Jolen Somongari 2023 Kembali Digelar

Hary Yudistira : Wujud Syukur atas Hasil Bumi Somongari yang Melimpah

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Setelah beberapa tahun lalu tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19, Festival Jolen Somongari kembali digelar di tahun 2023 ini. Festival Jolen Somongari merupakan tradisi sedekah bumi yang turun temurun sejak nenek moyang hingga kini masih terselenggara. Festival ini mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2016 sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. 

Festival Jolen Somongari 2023 dibuka Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, ditandai tabuh gong bende Kyai Guno. Kegiatan dipusatkan di area Pesarean Kedono Kedini & Balai Desa Somongari, Selasa (5/9/2023). Tampak hadir Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setyabudi SIKom MSi, Dandim 0708 Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, Kepala Dindikbud Wasit Diono SSos, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Kepala DKPP Hadi Sadsila SP, Kalak BPBD Hariyono SSos dan Forkopimcam Kaligesing. 

Wabup mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang terlibat acara tersebut, dan juga mengapresiasi atas konsistennya gelaran Festival Jolen sehingga menjadi event ikonik Kabupaten Purworejo. 

"Saya berharap tradisi seperti ini dapat dikemas dan dikelola sedemikian rupa, sehingga menjadi potensi daya tarik wisata unggulan. Terlebih dengan adanya beberapa proyek strategis nasional seperti Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Badan Otorita Borobudur, dan Bendungan Bener, yang tentunya menjadi peluang untuk menggali dan mengembangkan potensi yang kita miliki," harapnya. 

Sementara itu ditemui di sela-sela acara, Hary Yudistira SE selaku panitia Festival Jolen Somongari 2023 dan juga sebagai Ketua Pengelola Desa Wisata Somongari menjelaskan, acara diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil bumi yang melimpah seperti durian, manggis, kelapa, empon-empon, palawija dan hasil bumi lainnya. "Jolen berasal dari kata Ojo Kelalen yang berarti kita tidak boleh lupa atau harus selalu ingat dengan Sang Pencipta. Implementasinya merawat bumi secara baik, agar anak cucu kita ikut menikmati hasil bumi yang kita nikmati sekarang. Event ini juga bertujuan melestarikan kearifan lokal dan budaya bangsa selain itu sebagai ajang promosi desa wisata Somongari," jelasnya. 

Event dimulai dari tanggal 4 September 2023 yaitu seluruh Warga Desa Somongari di 23 RT dan 5 dusun bersatu padu, bergotong royong membuat Jolen yang berbentuk piramida. Pada acara puncak 5 September 2023, jolen terbuat dari bambu yang di dalamnya diisi satu paket tumpeng beserta aneka sayuran, gorengan, pisang, jadah, ayam panggang, diperebutkan oleh pengunjung. Kirab menempuh jarak 2,5 km dengan berjalan kaki, yang diikuti total 43 jolen. Rangkaian acara ditutup dengan tayub sampai jam 24:00 WIB. (kj)

Sumber: Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com