Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 28 Agustus 2023

Angkat Potensi Desa, Warga Desa Bagelen - Purworejo Gelar Kirab Budaya

Start dari Petilasan Sunan Geseng dan Finish Balai Desa Bagelen

Arak-arakan gunungan hasil bumi warga Desa Bagelen Kecamatan Bagelen - Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kirab budaya, Minggu (27/8/2023). Kirab itu diikuti ratusan warga dari unsur perangkat desa dan perwakilan dari seluruh RW yang ada di Desa Bagelen. 

Mereka melakukan kirab dengan mengambil start dari petilasan Sunan Geseng dengan melewati jalan utama Purworejo - Yogyakarta dan menyusuri jalan perkampungan hingga sampai di Balai Desa Bagelen dengan menempuh jarak sekira 4 Km. Rombongan kirab diawali dengan group drumb band dari SDN Bedug, lalu pasukan bendera Merah Putih, gunungan hasil bumi dan barisan estafet gunungan, barisan perangkat desa, perwakilan RW dan perwakilan PWB, Yaci serta UGM. 

Sesampainya di Balai Desa Bagelen, kirab dilanjutkan dengan jumenengan gunungan dan perebutan gunungan oleh warga. Kirab budaya itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gumregah Bagelen yang dilaksanakan warga Bagelen selama tiga hari di bulan Agustus 2023. 

Selain kirab budaya, pada Senin (28/8/2023) pameran UMKM desa dan festival hadroh. Sedangkan di hari ketiga pada Selasa (29/8/2023), Gumregah Bagelen diisi dengan kegiatan kontes kambing Etawa, pementasan tari kuda lumping Waringin Kridho Turonggo Mudho dan campursari Ringkes. 

Ketua panitia kegiatan, Widiyanto, mengatakan, kegiatan itu baru pertama kali diadakan di Desa Bagelen. Selain memperingati HUT Kemerdekaan, kegiatan itu dilaksanakan untuk mengangkat potensi Desa Bagelen. 

"Kegiatan ini semata-mata ingin menindaklanjuti dari program Bagelen Desa Wisata, yang pada tanggal 30 September 2022 lalu menyatakan bahwa desa wisata religi Desa Bagelen menjadi terbaik kedua di Kabupaten Purworejo. Adapun tujuan kegiatan ini adalah turut serta membangun dan mengangkat nama Bagelen dengan karya serta kreativitas untuk mendukung potensi desa wisata sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat," ungkap Widiyanto saat ditemui usaj kirab. 

Dikatakan, visi misi dari kegiatan itu yaitu menciptakan kreativitas dan karya seni demi kemajuan desa dan wilayah, dari itu bila sebuah wilayah diangkat menjadi potensi wisata otomatis desa itu dengan sendirinya akan terangkat. Potensi usaha, potensi sumber daya manusia di Bagelen akan muncul dengan sendirinya untuk menarik minat pengusaha, menanamkan modal dan membuka usaha di Bagelen. 

"Karena 10 menit sudah bisa sampai di Bandara YIA Kulonprogo Yogyakarta, dan Bagelen merupakan pintu masuk utama dari bandara itu, pintu masuk melalui Purworejo adalah di Bagelen. Oleh karena itu kami ingin mengangkat wisata Bagelen," ujarnya. 

Sesuai dengan harapan dan cita-cita, dengan mengangkat wisata akan masuk investasi, dunia usaha di Bagelen, sehingga akan mengangkat UMKM warga yang ada di Desa Bagelen. "Kesimpulannya adalah mengangkat nama Bagelen demi masyarakat yang berbudaya, berkreativitas, sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat," pungkas Widiyanto. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com