Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 30 Agustus 2023

Tingkatkan Kualitas, Warga Desa Bagelen - Purworejo Gelar Kontes Kambing Ras Kaligesing

Tim Penilai dari Perkanas Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Memeriahkan sekaligus mengisi rangkaian kegiatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, warga Desa Bagelen Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, menggelar kontes kambing ras Kaligesing, di lokasi persawahan dekat kantor Desa Bagelen, Selasa (29/8/2023). 

Ada sekira 70 kambing ras Kaligesing milik warga Desa Bagelen yang diikutkan dalam acara kontes itu. Mereka terbagi atas beberapa kelas yakni kelas anakan dengan ukuran 69 Cm ke bawah dan kelas dewasa dengan ukuran 70 Cm ke atas. Selain memeriahkan HUT RI, kontes kambing itu diselenggarakan sebagai bentuk motivasi kepada para pemilik kambing ras Kaligesing di Desa Bagelen untuk meningkatkan kualitas kambingnya. 

Ketua panitia kegiatan kontes kambing ras Kaligesing Desa Bagelen, Woroni, mengatakan, kontes kambing itu dilaksanakan dengan dibantu oleh pengurus Perkanas Kabupaten Purworejo, sebagai tim penilainya. 

"Ada 70 ekor kambing yang dikonteskan, khusus untuk Desa Bagelen, karena populasinya belum seperti di Kecamatan Kaligesing, kami ambil dari anakan dan dewasa. Kontes ini dilaksanakan bukan karena hadiahnya, tapi semangat untuk mengembangkan, untuk memeriahkan HUT RI di Desa Bagelen," ungkap Woroni saat ditemui di lokasi kegiatan. 

Disebutkan, populasi kambing ras Kaligesing yang diperlihara oleh warga Desa Bagelen saat ini ada sekira 215 ekor. Warga memilih kambing ras Kaligesing selain lebih besar, dagingnya juga lebih banyak dan harganya juga lebih mahal dibandingkan kambing ras Jawa. 

"Agar masyarakat lebih semangat untuk mengembangkan atau lebih semangat menjadikan desa ini menjadi desa wisata dengan memelihara kambing yang menjadi bagian dari pendukung desa wisata itu," ujarnya. 

Pemenang kontes kambing ras Kaligesing kelas betina dewasa, Widodo, pemilik kambing yang tinggal di Kauman Bagelen, mengaku senang bila kambing betinanya bisa meraih juara 1 dalam kontes itu. 

"Yang jelas menambah motivasi, untuk lebih meningkatkan kualitas," kata Widodo. Widodo mengaku saat ini memiliki 6 indukan kambing ras Kaligesing di rumahnya. Namun demikian kambing miliknya atau kambing yang menjadi juara saat ini belum akan dijual atau ditawarkan kepada orang lain, melainkan dipelihara sendiri sebagai indukan. 

"Memilih kambing ras Kaligesing, yang pertama karena nilai sisi jual. Sekelas apapun nilai jual kambing ras Kaligesing lebih tinggi dari kambing Jawa, terus yang kedua dengan perawatan yang sama, antara kambing ras Kaligesing dengan Jawa, hanya beda di modal awalnya saja," ujarnya. 

Kambing miliknya pernah ditawar dengan harga Rp 8- 10 juta, namun belum akan dijual karena masih akan dikembangkan lagi. "Kegiatan ini sangat baik karena untuk memotivasi masyarakat agar antusias semuanya. Jadi supaya masyarakat meningkat, tujuannya itu, dari sisi kualitas, kesehatan maupun jumlah," jelasnya. 

Kontes kambing ras Kaligesing itu menjadi semarak dan meriah dengan adanya pementasan tari kuda lumping Waringin Kridho Turonggo Mudho dan campursari Ringkes pada malam harinya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com