Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 09 Juli 2023

Komunitas Budaya Sembir Buka Saung Bambu dan Kelas Seni

Bangkitkan Seni dan Budaya Sembir Desa Bugel Kecamatan Bagelen-Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sanggar seni (Kampung Budaya Sembir) yang berada di Dusun Sembir, Desa Bugel, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, memulai kegiatannya dalam belajar mengajar di bidang seni. Dimulainya kegiatan sanggar seni itu ditandai dengan acara tumpengan dan selamatan yang dilaksanakan berbarengan dengan berdirinya Saung dan Kebun Jamu Ilo Ilo, di Saung Bambu (Kebun Jamu) Ilo Ilo Dusun Sembir, pada Jumat (7/7/2023) malam. 

Acara tumpengan dan selamatan itu dihadiri sejumlah perangkat desa, tokoh masyarakat, warga dan pelaku seni yang tergabung dalam Komunitas Budaya Sembir. Owner Saung Bambu (Kebun Jamu) Ilo Ilo Dusun Sembir, Putut Budi Santoso, mengatakan, Saung Bambu (Kebun Jamu) Ilo Ilo yang berada di RT 1 RW 5 Dusun Sembir itu didirikan olehnya di awal tahun 2022 lalu. 

Tempat itu didirikan sebagai kedai atau warung dengan menyajikan berbagai jenis ramuan minuman jamu Jawa, yang dibuat dari bahan jamu yang ditanam sendiri di lahan sekitar Saung Bambu. Di lahan itu berbagai tanaman bahan jamu sudah ditanam, mulai jahe, temu, kencur, sere, kunyit dan lainnya. 

"Malam ini gelar selamatan sebagai tanda dibukanya Saung Bambu dan mulainya kegiatan sanggar seni, dimana tahun kemarin belum bisa kita mulai lantaran terkendala pandemi Covid-19," kata Putut saat ditemui di sela selamatan. 

Saung Bambu, lanjutnya, selain menjadi kedai jamu, nantinya di lokasi Saung menjadi pusat kegiatan sanggar seni. Berbagai kegiatan mulai dari kelas pencak silat, kelas tari tradisi dan pelatihan membatik yang menjadi program kegiatan Komunitas Budaya Sembir akan dilaksanakan di Saung Bambu itu. 

"Di Saung Bambu ini telah kita sediakan senjumlah fasilitas, di antaranya tempat latihan, tempat duduk nunggu, lalu ada toilet. Jadi selain berlatih silat, tari di sini nantinya pengantar maupun pengunjung bisa menikmati fasilitas berbagai menu camilan dan minuman yang disediakan di Saung Bambu ini," jelasnya. 

Komunitas Budaya Sembir telah membuka pendaftaran peserta baru bagi masyarakat umum untuk berlatih pencak silat, tari tradisi dan pelatihan membatik sejak awal Juni 2023 lalu, dan kegiatan sudah akan dilaksanakan mulai Juli 2023 ini. Sejumlah kelas yang dibuka itu sementara yakni kelas pencak silat, yang rencana dilaksanakan pada setiap hari Selasa dan Jumat, kelas tari tradisi yang rencana dilaksanakan pada setiap hari Rabu dan Sabtu, serta kelas membatik yang rencana dilaksanakan secara rutin pula namun dilakukan sesuai perjanjian antara peserta dan pengajar. 

"Salah satu mentor pengajar yang kita siapkan di antaranya untuk kelas pencak silat akan diampu olej Ki Jaka Pranolo dari Padepokan Satria Bagelen Bertaji, tari tradisi oleh saya sendiri dan pelatihan batik nanti bersama komunitas Batik Lestari Sembir. Silakan bagi warga  yang ingin belajar silat, menari dan membatik untuk datang dan mendaftarkan diri ke Saung Bambu ini, dan kelas ini untuk semua umur," terangnya. 

Disampaikan, Kampung Sembir di Desa Bugel, pernah menjadi pelataran budaya di Bumi Bagelen. Berbagai kesenian tradisional hidup berdampingan dengan warna khas budaya Bagelen saat ini. Berlatar belakang itulah, Komunitas Budaya Sembir kemudian menghidupkan kembali berbagai kegiatan seni dan budaya di Sembir. 

"Ya untuk memasyarakatkan seni budaya Indonesia, untuk mengembangkan, mengakomodasi bakat minat terhadap seni budaya tanpa batasan usia, supaya ada saling membangun respek responsibilty, dan harapan kami banyak warga yang minat untuk mendaftar dan mengikuti kegiatan kelas yang kami buka ini," harapnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com