Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 20 Juli 2023

Gali Potensi Lokal dan Lestarikan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa

Komunitas PKBP dan Waliprojo Menggelar Giat Budaya Suroan di Sorogenenlor - Bener

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti menyerahkan tokoh wayang kepada Ki Subarjo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kolaborasi komunitas Persaudaraan Keluarga Besar Purworejo (PKBP) Korwil Purworejo dan komunitas Wadah Orang-orang Peduli Purworejo (Waliprojo), pada Selasa 18 Juli 2023 menggelar Giat Budaya Suroan di Dukuh Sorogenenlor Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. 

Tujuan kegiatan suroan ini, sebagai bentuk nguri-uri budaya yang merupakan tradisi dari dulu, juga sebagai sarana menampilkan aktivitas potensi lokal di bidang seni budaya, sosial dan ekonomi yang dapat mendorong upaya-upaya memelihara, mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa. 

Ketua Waliprojo Elisa Subiyanto yang ditemui media online kabarjateng.co.id menjelaskan, kegiatan ini juga memanfaatkan momentum untuk mengenalkan potensi/kearifan lokal khususnya Desa Kalijambe yang merupakan pintu gerbang Kabupaten Purworejo di bagian utara. 

Wakil Bupati Purworejo didampingi Wakil Ketua DPRD Kelik Susi Ardani bersama panitia
Elisa menambahkan, setelah melihat dari dekat, Desa Kalijambe merupakan sentra kerajinan bambu dalam bentuk mebel (furnitur) dari bambu dan berbagai kerajinan dari anyaman bambu. "Kalijambe juga punya grup kesenian kuda lumping dan grup kesenian kobrondut termasuk UMKM lokal. Semua kami ajak bersinergi dalam giat budaya suroan ini," beber Elisa.

Untuk diketahui, giat budaya tersebut dihadiri Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH yang sangat mengapresiasi kepada PKBP dan Waliprojo yang telah menggelar acara. Wabup juga menyerahkan tokoh wayang kepada dalang Ki Subarjo untuk dipentaskan di pagelaran wayang kulit malam harinya. Wabup juga berkesempatan memberikan kendi berisi campuran air dari tujuh sumber mata air di Kabupaten Purworejo dengan air dari Belik Gondang Suro diberikan kepada komunitas Atas Jago untuk disatukan dengan kegiatan Festival Bogowonto. 

Turut hadir dalam acara, Wakil Ketua DPRD Purworejo Kelik Susilo Ardani SE MAP, Camat Bener beserta Forkopimcam serta sejumlah tamu undangan lainnya.  Kegiatan ini cukup meriah digelar dari pagi diawali dengan pentas seni kuda lumping dan grup seni kobrondut dari Kalijambe, ada prosesi kirab air dan sesaji, kembul bujana Andrawina dan malam harinya pagelaran wayang kulit ruwat oleh dalang Ki Subarjo dari Desa Donorati Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. (*)

penulis           : ax bowo sutoko

editor bahasa : tomo widodo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com